Taksi Online, Tahan Dulu, Alasannya…

ilustrasi (Anwart/RG)

RadarGorontalo.com – Taksi online bukan lagi sekedar wacana, tapi mereka benar-benar akan menyasar Gorontalo. Bahkan, open rekrutmen mulai dilakukan. Seperti di daerah-daerah lain, tentunya ini sarat kontroversi. Sebelum timbul persoalan baru, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menginstruksikan kepada dinas-dinas terkait, untuk melakukan pembahasan sebelum menerbitkan izin operasional.

Sikap ini memang harus ditempuh Rusli, mengingat di Gorontalo sendiri ada jasa angkutan lainnya, seperti mikrolet hingga bentor (becak motor,red). Khawatirnya, jika online masuk maka bisa timbul gesekan. “Makanya harus ada kajian dan solusi. Ingat, di Gorontalo ini kita punya banyak pengendara bentor (becak motor) dan angkutan umum. Jangan sampai antara mereka akan terjadi konflik. Ini yang kita antisipasi dari awal,” ungkapnya.

Bahkan, Rusli berulang kali menegaskan kepada dinas terkait untuk segera menggelar pembahasan. “Saya minta Dinas Perhubungan harus melakukan pengkajian dulu bagaimana dampaknya dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Jangan langsung diberi izin,” tegas Rusli Habibie saat memimpin Rapat Pimpinan Pembahasan Evaluasi Penyerapan Anggaran bertempat di gedung Belle li Mbui, Jumat malam (16/2).

Sementara itu menurut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo Jamal Ngandro, sesuai hasil konfirmasi pihaknya dengan GRAB selaku penyedia aplikasi jasa taksi online, bahwa mereka baru sebatas survei untuk Gorontalo. Kendati demikian, pihaknya akan segera menindaklanjuti instruksi Gubernur.

Sementara itu, pengemudi taksi online tidak bisa sembarang mendaftar. Mereka harus memenuhi persyaratan seperti yan tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek atau yang dikenal Permenhub Angkutan Online. Salah satunya harus berbadan hukum, dan pengemudinya memiliki SIM A Umum. (rg-50)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.