Tagana Bonbol Gelar Donor Darah dan Bakti Sosial

Usai Melaksankan Kegiatan Donor Darah Para anggota Tagana Melakukan Foto Bersama dengan pimpinan Dinas Sosial provinsi dan Kabupaten Bone Bolango

RadarGorontalo.com – Kurang lebih 200 Taruna Siaga Bencana (Tagana) Bone Bolango bertumpah ruah di center point Kabupaten Bone Bolango Sabtu (26/8). Organisasi sosial bergerak dibidang penanggulangan bencana ini melaksanakan aksi sosial dengan aksi donor darah guna memperingati hari kemanusiaan sedunia yang jatuh pada bulan agustus.

Bukan hanya donor saja, sebelumnya juga para Tagana ini telah melaksanakan bhakti sosial pengurangan Resiko Bencana dilaksanakan didanau perintis, pembuatan tanggul dan jembatan di aliran sungai, Bone tepatnya di Desa Tolomato Kecamatan Suwawa Tengah. Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma, Kadis Dinas Sosial provinsi Nonce Lakajo, Kadis Sosial Bone Bolango Mery Ngaju. Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma, mengaku terenyuh terhadap relawan Tagana yang ikut serta setiap saat dalam membantu korban bencana dikabupaten Bone Bolango. ” Saya pun terharu melihat para anggota tagana paling terdepan saat menyiapkan dapur umum dan menolong korban bencana , padahal resiko mereka menjadi korban bencana sangat besar ” kata Ishak Ntoma.

Sehingga Ishak Thoma berharap para relawan ini kedepan mendapat perhatian dari pemerintah khususnya dinas sosial untuk didata dan diberikan jaminan sosial. ” Pekerjaan mereka ini cukup beresiko sehingga saya setuju diberikan Jamsostek” kata Ishak Ntoma, disambut aplous oleh para anggota Tagana. Sementara itu Kepala Dinas Sosial provinsi Gorontalo Nonce Lakajo mengatakan kegiatan donor darah ini sebagai bentuk kemanusian.” Perlu diingat mendonorkan darahnya tujuan sangat mulia yakni selain berfungsi untuk memperlancar sirkulasi darah agar tetap stabil, disisi lain juga sekaligus amal bagi yang membutuhkan,” Kata Nonce.

Menurutnya kegiatan ini pula dilaksankan berdasarkan Surat mandat dari Menteri Sosial RI yang ditujukan ini agar dapat memperingati hari kemanusiaan sedunia dengan bakti sosial serta pengurangan resiko bencana lainnya. “Kegiatan ini dilaksanakan atas mandat kementerian ini adalah kegitan donor darah untuk kemanusiaan dalam rangka menyambut HUT RI dan Hari Kemanusiaan yang jatuh pada bulan agustus juga, karena setetes darah sangat berguna untuk nyawa manusia yang sangat membutuhkan,” pungkas Nonce. Ditempat terpisah aleg DPRD Bone Bolango Komisi I Nurdin Wartabone mengapresiasi kegiatan aksi sosial Tagana Bone Bolango tersebut . “Kegiatan kemanusiaan ini harus sering dilaksanakan dan bila perlu melibatkan masyarakat . Dan saya doakan kegiatan donor darah ini menjadi inspirasi juga bagi orang lain, kelompok dan organisasi yang ada.” pungkasnya.(tr-10/rg)

Berita Terkait

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *