Syarif Sabet MAN OF THE YEAR 2016

RRsyarif M

MARISA (RadarGorontalo.com) – Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga kembali dinobatkan sebagai “Man Of The Year 2016” oleh Harian Radar Gorontalo sebagai salah satu tokoh yang sangat berpengaruh di Provinsi Gorontalo. Selain Syarif Mbuinga, Amin Haras juga meraih penghargaan yang sama.

Pengaruh politisi muda partai Golkar ini memang harus diakui. Bahkan sejumlah pimpinan Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif harus angkat topi dengan kiprah dan kontribusinya di Gorontalo khususnya di Pohuwato. Syarif bahkan pernah diminta untuk tak menahkodai salah satu Parpol dan gantinya Syarif akan dijadikan pembina seluruh Parpol di Pohuwato. Bukan karena ada tendensi khusus, namun Syarif dinilai sebagai tokoh yang mampu menyatukan perbedaan visi, misi maupun ideologi seluruh parpol.  Di Golkar sendiri, Syarif bukan hanya menjelma sebagai pimpinan namun juga menjadi ikon Golkar di Bumi Panua. Bahkan, sejumlah kisruh internal dan eksternal, saat Syarif turun langsung selesai.

Dijajaran eksekutif, Syarif Mbuinga bersama Amin Haras mencatatkan sejumlah prestasi gemilang. Lewat Reformasi Birokasi, Pohuwato berhasil masuk 20 besar kategori daerah berkinerja sangat tinggi. Pengelolaan keuangan LKPD Pohuwato meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI 3 tahun berturut-turut.

Sesuai data BPS, tahun 2015 pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pohuwato naik jadi 7,46 %. Untuk peningkatan pendapatan masyarakat, SYAH sendiri, mengandalkan program penguatan ekonomi kerakyatan. Angka kemiskinan di tahun 2015 turun menjadi 20,17 %. Angka ini sangat rendah dibanding 2003 silam, dimana angka kemiskinan sebesar 62 %.

Sebagai daerah baru, pembangunan di Pohuwato berjalan cukup pesat. di era SYAH, banyak infrastruktur berbandrol milyaran rupiah dibangun. Sebut saja, perbaikan Ruas Jalan Utama hingga Jalan Desa, Bandara Perintis, Bendungan Randangan dan Kerangetan, Rusunawa, GOR Marisa, Jalan Lingkar Marisa, Pelabuhan, Kawasan Transmigrasi,Wisata Pohon Cinta hingga Pembangunan Rumah Khusus Nelayan. Di bidang pendidikan Alokasi anggaran dalam APBD, dapat porsi 20 persen.  sementara di Tahun 2013, 2014 dan 2015 Bumi Panua dengan jargon Pohuwato MADANi berhasil merebut Trophy Adipura 3 tahun berturut-turut.

Dalam hubungan dengan jajaran yudikatif, sebagai daerah yang perbatasan, Pemerintah daerah secara berkala, mengintervensi anggaran untuk pengembangan sarana penunjang Kamtibmas bekerja sama dengan kepolisian dan TNI yang juga dibarengi dengan peningkatan kerja sama dengan Kejaksaan dan Pengadilan. Penanganan kasus ilegal fishing, ilegal logging, traficking hingga narkoba merupakan hal prioritas. (RG-55)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *