Surat Suara Pilwako Gorontalo Rusak

Pelipatan dan penyortiran surat suara oleh anggota KPU Kota Gorontalo.(f/Abink)

RadarGorontalo.com – Selama dua melakukan proses pelipatan dan penyortiran surat suara, petugas KPU Kota Gorontalo sudah menemukan 26 lembar surat suara yang rusak. Dari total 45 ribu logistik tersebut, usai dilipat dan disortir selama dua hari sejak Rabu hingga Kamis (24/05). Dan untuk mengganti surat suara yang rusak tersebut, KPU Kota Gorontalo meminta pihak percetakan di Makassar segera mengganti surat suara tersebut. Hak ini ditegaskan oleh Kasubag Keuangan, Umum dan Logistik KPU Kota Gorontalo, Idham Mantaly. “Kerusakan surat suara menjadi tanggungjawab dari pihak percetakan, karena kami terima logistik ini dalam posisi masih dalam kemasan kardusnya dari percetakan,” ujar Idham, saat dihubungi RADAR pada kamis (24/5).

Ditanyakan kapan pihak KPU Kota Gorontalo akan mencetak ulang surat suara baru dan menukar logistik yang rusak. Menurut Idham, prosesnya menunggu pelipatan dan penyortiran surat suara selesai. Karena KPU akan melakukan penghitungan kembali berapa banyak yang rusak. Selain itu Kata Idham, temuan kertas surat suara yang ditemukan petugas KPU ini,sudah dilakukan koordinasi dengan pihak percetakkan. “Pendataan terhadap surat suara yang rusak tentu kami lakukan lebih awal, termasuk melaporkan ke pihak percetakan. Dan kami berharap temuan surat suara yang rusak tidak akan bertambah, supaya tidak menghambat proses pelaksanaan tahapan pilwako,” terang Idham.

Diketahui, jumlah keseluruhan surat suara yang disiapkan oleh KPU Kota untuk Pilwako nanti, berjumlah 132.556 lembar, yang merupakan jumlah DPT ditambah 2,5 persen per TPS, dan 2 ribu surat suara disiapkan untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) jika dibutuhkan.(rg-62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *