Surat Suara Pemilu 2019 Telah Tercetak 360 Juta Lembar

Pekerja menurunkan kardus berisi surat suara Pemilu 2019 dari dalam truk dengan pengawalan polisi di gudang KPU. (FOTO/Prasetia Fauzani/ama)

RadarGorontalo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga saat ini telah mencetak 360 juta lembar surat suara Pemilu 2019 dari total 939.879.651 lembar.

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, surat suara yang telah tercetak segera dikirim ke daerah yang punya kesulitan geografi. “Saat ini kami sudah mencetak 360 juta lebih dan akan didistribusikan ke provinsi dan daerah tertentu,” ujar Ilham di Gedung KPU.

Jumlah ini mencakup lima jenis surat suara, yaitu surat suara calon presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD.

Menurut Ilham, surat suara yang sudah tercetak ini akan didistribusikan ke daerah-daerah yang sulit dijangkau atau lokasinya jauh dari pabrik percetakan surat suara.

Sejumlah daerah seperti Aceh, Sumatera Utara, dan beberapa wilayah di Papua sudah mulai terdistribusikan surat suara. “Walau belum semua, tapi sekarang bertahap kami penuhi,” jelas Ilham.

Sementara untuk daerah-daerah yang secara geografi tak ada masalah yang berat, kata Ilham, surat suara sampai saat ini belum tercetak. “Seperti Jogja, secara geografis juga tak ada masalah, jadi itu kami belakangkan,” ujar Ilham.

Ilham mengklaim proses pencetakan surat suara sejauh ini telah melebihi dari target per harinya. Ia pun berharap, tak ada kendala berarti sehingga pencetakan surat suara bisa selesai sesuai target yakni 17 Maret 2019.

Selanjutnya, 17 Maret-19 April 2019 akan digunakan untuk menyortir, melipat, dan mengepak surat suara untuk didistribusikan ke TPS. “Alhamdulillah kami bersyukur semoga tak ada masalah-masalah yang kemudian membuat proses ini jadi tertunda,” ungkap Ilham. (RM)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *