Spot Air Terjun Yang Mempesona

air terjun gtlo - radar gorontalo

RadarGorontalo.com – Gorontalo ternyata memendam sejuta pesona alam. Nah, sekarang akan diulas adalah tiga spot air terjun yang terletak di tiga kabupaten berbeda, yakni Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Kabupaten Bone Bolango (Bonbol) dan Kabupaten Boalemo. Tiga spot wisata ini, sangat menantang dan tak kalah indah dengan objek wisata bahari yang memang lagi booming.

Air Terjun Didingga

Air terjun yang tingginya sekitar 30 meter lebih itu, terletak di Desa Didingga Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorut  Untuk mencapai kecamatan itu, butuh waktu sekitar 3 jam dari Kota Gorontalo, kalau menggunakan angkutan umum. Lain cerita kalau menggunakan kendaraan pribadi. Desa Didingga sudah bisa dijumpai, sebelum masuk wilayah pusat kecamatan.

Nah… dari desa menuju Air Terjun Didingga, kalau masyarakat lokal biasa menempuh dalam jarak 1 jam atau sekitar 3 km. Kalau orang luar, pasti sedikit lebih lama. Karena harus melewati hutan, maka pengunjung harus menggunakan jasa guide alias penunjuk jalan. Ada satu orang pria yang sudah biasa jadi pemandu. Namanya adalah ti Baita.. konon beliau ini, dulunya adalah polahi atau sebutan bagi suku asli Gorontalo yang tinggal di dalam hutan. Untuk sewa, ti Baita tak menentukan tarif, tergantung keikhlasan dari pengunjung.

Kenapa butuh pemandu? karena menuju Air Terjun Didingga, jalan rintisan hanya sampai di kaki bukit. Nah, selanjutnya melewati hutan lindung. Dengan medan agak terjal, dibutuhkan stamina yang bagus.. Selama perjalanan, pengunjung akan melihat air terjun kecil. Singkat ceritaaa…. semua kelelahan terbayarkan saat tiba di lokasi utama. Kawasan yang masih alami, ditambah dengan dinginnya air terjun, menjadi obat lelah.. catatan, pengunjung yang tak ingin berkemah, disarankan kembali saat belum petang hari.

Di Gorontalo Utara, sebenarnya tak cuma Air Terjun Didingga, masih ada juga spot air terjun lainnya. Seperti,  Air Terjun Bondula berada di Desa Bondula, Kecamatan Kwandang. menuju tempat ini, butuh waktu setengah hari perjalanan dari pusat ibukota kabupaten.

Ada juga Desa Zuriati yang berada di Desa Zuriati, Kecamatan Anggrek. Tiga air terjun ini, punya satu kesamaan. Yakni lingkungan alami, yang masih terjaga dengan baik. (rg/achin/berbagaisumber)

Air Terjun Permai Taludaa

Lokasi kali ini, berada di Desa Taludaa Kecamatan Bone Bolango. Butuh waktu sampai 3 jam, dari Kota Gorontalo lewat jalur selatan. Bila sudah sampai di Desa Taludaa, untuk menuju spot air terjun, lagi-lagi butuh pemandu dari warga sekitar.

Kendaraan bermotor, hanya bisa sampai di kaki bukit, selanjutnya pakai tenaga sendiri alias jalan kaki. Menuju spot air terjun, pengunjung akan melewati kawasan perkebunan warga, hingga masuk hutan. Menyisiri sungai hingga naik perbukitan. Walaupun terbilang jauh, spot Air Terjun Taludaa sebanding dengan jauhnya perjalanan yang ditempuh. Tinggi air terjung diperkirakan mencapai 50 meter. (rg/berbagaisumber)

Air Terjun Ayuhulalo

Tempat terakhir yang dituju adalah Air Terjun Ayuhulalo, Desa Ayuhulalo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Jarak desa dengan pusat kecamatan, tak sampai setengah jam. Yang jauhnya adalah menuju lokasi air terjun. Butuh waktu sekitar 2 jam, untuk mencapai lokasi yang dituju. Walaupun tak lama, tapi medan yang dilewati tetap berat. Seperti dua air terjun sebelumnya, menuju Air Terjun Ayuhulalo, melewati hutan lindung dan perkebunan warga.    (rg/berbagaisumber)

Share

Comments

comments

One thought on “Spot Air Terjun Yang Mempesona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.