Soputan Meletus, Manado Waspada

Gunung Soputan meletus keluarkan abu vulkanik setinggi 4.000-6.000 meter (foto : twitter)

RadarGorontalo.com – Sejak Rabu (3/10) , hingga malam tadi Gunung Soputan yan terletak di Minahasa Tenggara, Provinsi Sulut, meletus dan mulai mengeluarkan lava pijar. Status siaga 3 pun diberlakukan, termasuk larangan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi Soputan pun dilarang beraktifitas, untuk menghindari lava maupun awan panas. Kendati belum berdampak signifikan bagi warga Kota Manado, namun pemerintah tetap menyarankan agar warta waspada.

Dari berbagai sumber diketahui, letusan Gunung Soputan mengeluarkan abu vulkanik setinggi 4000 sampai 6000 meter, dan mengarah ke barat laut. Kendati belum perlu ada evakasi warga, tapi PVMBG mencatat amplitudo maksimum 39 mm dan durasi sekitar 6 menit. Selain memberlakukan status siaga, warga pun dilarang beraktifitas minimal 4 kilo meter dari bawah gunung.

Dikutip dari Republika, erupsi Gunung Soputan oleh pemerintah dinyatakan belum berdampak sampai Kota Manado. “Sampai saat ini kondisi masih aman, belum ada dampak seperti hujan abu vulkanik atau sebagainya, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Manado, Erwin Kontu di Manado, Rabu (3/10).

Walau begitu, pihak pemerintah kota tetap meminta warga agar tetap waspada serta tetap menyediakan masker, karena khawatirnya abu dari erupsi akan terbawa angin. pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak BMKG untuk memantau dan memastikan kondisi tetap aman dan terkendali. “Kami terus berkoordinasi dengan BMKG untuk memastikan kondisi terakhir, sehingga bisa terus menginformasikan kepada masyarakat kota Manado, jika ada sesuatu bisa waspada,” katanya.

Sementara itu, menurut pengamatan Pos Pantau Gunung Soputan, telah terjadi lava ke arah timur laut sepanjang 2.500 meter, hingga pukul 19.00 Wita tadi malam. (rg-34)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.