Soal Tanggul Jebol, BWSS Angkat Bicara, Katanya…

Kondisi tanggul jebol di Kabupaten Pohuwato menunggu penanganan dari pihak balai.

RadarGorontalo.com – Perihal tanggul jebol di Randangan Kabupaten Pohuwato, Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) II langsung turun meninjau. Kendati demikian, BWSS punya alasan kuat kenapa tanggul itu bisa jebol, dimana masyarakat setempat sebenarnya ikut bertanggung jawab untuk masalah itu.

Penjelasan Humas BWSS II Gorontalo Olden Winarto, sebenarnya sebelum kejadian tanggul jebol, masyarakat setempat meminta agar tanggul yang sementara dikerjakan itu, untuk dibuka sepanjang dua meter. Dengan tujuan, untuk menghilangkan genangan air di lahan mereka.

Awalnya, sudah sempat diingatkan, permintaan itu sangat beresiko. Namun, masyarakat terus mendesak bahkan bersedia bertanggung jawab. Itu dibuktikan lewat surat pernyataan, yang dibubuhi tanda tangan dari sejumlah masyarakat yang meminta pembukaan tanggul. Akhirnya, tanggul pun dibuka atas dasar permintaan itu. Namun belakangan, apa yang dikhawatirkan pun terjadi. Saat debit air makin tinggi, tanggul pun jebol dan banjir tak bisa dihindari.

“bukan tak mau disalahkan, tapi sebenarnya masyarakat setempat pun tahu kejadian sebenarnya,” ketus Olden. Kendati demikian, sebagai bentuk tanggung jawab, BWSS II pun sudah turun lapangan melakukan peninjauan, terhadap tanggul yang jebol itu. (rg-54)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.