Soal Serapan Anggaran, Gorontalo Jadi Percontohan Nasional

Gubernur, Wagub dan Sekda intens memimpin dan mengarahkan SKPD, senantiasa mengevaluasi sehingga program pembangunan dan penyerapan anggaran di Gorontalo jadi percontohan secara nasional.
Gubernur, Wagub dan Sekda intens memimpin dan mengarahkan SKPD.

 RadarGorontalo.com – Dr. Subagyo mewakili Menteri Dalam Negeri di acara PEPP Bappenas, Rabu (3/8), di Kupang (evaluasi penyerapan anggaran tingkat nasional akhir triwulan II) menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Rusli Habibie, dan beberapa gubernur lainnya yang mampu memperlihatkan kinerja penyerapan anggaran yang baik untuk program kegiatan APBD.

Dalam sambutan, Subagyo memperlihatkan realisasi capaian Gorontalo sebagai peringkat I (terbaik) secara nasional pada angka 43 persen, untuk realisasi keuangan per tanggal 20 Juli (batas evaluasi Triwulan II 2016). Kondisi stabil penyerapan anggaran APBD Prov Gorontalo ini dapat dicermati dengan capaian terbaik nasional selama 2 bulan berturut – turut yaitu pada Juni dan Juli 2016.

“Ini harus menjadi contoh dan rujukan bagi daerah lain, karena Gorontalo juga memiliki kiat dan inovasi dalam pengendalian dan evaluasi program melalui penggunaan aplikasi e-monep yang saat ini kami rekomendasikan untuk diikuti sebagai model pengendalian oleh daerah lain (saat ini Provinsi Bangka Belitung dan Maluku Utara yang sudah menggunakan aplikasi yang sama),” ungkap Dr. Subagyo.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Biro P2E Setda Provinsi Gorontalo Dr. Wahyudin Katili, SSTP, MT mengungkapkan bahwa semua memang Gubernur dan Wakil Gubernur maupun Sekda memberikan target capaian yang harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Tahun 2015 lalu, Gorontalo baru dapat menunjukkan performa penyerapan yang baik pada bulan Oktober, tapi tahun 2016 ini bulan Mei dan Juni, Gorontalo sudah menunjukkan performa terbaik untuk penyerapan anggaran. Bahkan untuk penyerapan kegiatan yang didanai dengan APBN, juga saat ini sudah terealisasi di atas 42 persen.

“Ini adalah buah dari kerja keras dan inisiatif semua SKPD yang didorong dan dievaluasi secara berkala secara melekat oleh pimpinan kami (gubernur),” ucap Wahyudin .Sementara itu, Gubernur Rusli Habibie menanggapi dengan baik dan justru memberikan apresiasi kepada jajaran SKPD-nya. “Ini bukti kerja nyata kalian, saya dan pak Wagub selalu mendorong dan memberikan penegasan, tapi sepenuhnya kalian yang menentukan. Alhamdulillah semua jajaran saya sangat sadar untuk memperlihatkan kinerja yang baik. Ingat…!

Dengan penyerapan kegiatan yang cepat dan terukur, maka kita secepatnya dapat memberikan hasil nyata yang cepat dari hasil pembangunan kepada masyarakat, ekonomi akan cepat berputar dan tumbuh. Terima kasih atas dukungannya. Kerja … kerja … Kerja … Jangan terpengaruh dengan kondisi Politik,” tegas Rusli sambil memberikan semangat. (rg-50)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *