Soal Pengganti FH, Haji Amang Punya Peluang

FADLI HASAN

RadarGorontalo.com – Nasib Fadli Hasan sedang diombang ambing, semoga saja dia bisa lepas dari masalah yang tengah melilitnya. tetapi yang namanya politik selalu mulai berandai andai. Ada beberapa nama yang sudah mulai dimunculkan, pertama Indrawanto Hasan, nama yang satu ini mestinya paling berpeluang karena dia sudah bergabung dengan partai Demokrat dan lebih dari itu dia adalah kakak kandung dari Fadli Hasan.

Nama berikutnya adalah Erwin Ismail, dia juga kader Partai Demokrat sekaligus putra Ketua DPD Partai Demokrat Gusnar Ismail dan satunya lagi Hamdi Majang, dialah Ketua DPC PD Kabgor yang juga Aleg Deprov. Mengapa semua calonnya dari PD, karena sesuai aturan harus dua partai penggusung yang mengusulkan nama Cawabup PAW, yakni PPP dan PD, Tetapi karena PPP sudah dapat Nelson, maka Wakilnya menjadi jatah PD.

Memang bisa muncul nama lain, tetapi harus ada persetujuan dari dua partai dan persetujuan itu harus diteken oleh masing masing ketua partai, jika tidak maka DPR tak bisa memprosesnya lantaran tidak sah. “fatsun politiknya begitu, harus ada dua calon yang diajukan, satu dari PPP dan satu lagi dari PD, tetapi karena Nelson sudah jadi Ketua PPP, maka kini giliran PD, ketua DPC PD Kabgor.

Chamdi Mayang ketika dihubungi kemarin mengatakan, Aturan belum berubah , partai penggusung yang mengusulkan Cawabup PAW ke DPP, tetapi jangan lupa, siapapun orangnya harus ada rekom sakti dari Bupati, artinya Cawabup harus orang yang disukai Bupati. Makanya kata Aleg Deprov ini , dua partai penggusung harus membahas.

Siapa Cawabup yang akan diajukan, tetapi kalau PPP memberikan keputusan elok menyerahkan soal Wakil ini kepada PD, maka PD pun punya mekanisme sendiri, nama Cawabup digodok di tingkat DPD , baru kemudian diajukan ke DPP dan DPP yang kan memutuskan.

Sementara itu Sekretaris DPW PPP Gorontalo mengatakan, bila sesuai aturan maka masing masing mengusulkan calonnya ke Bupati nanti Bupati yang memutuskan. Tetapi kata dia lagi, partainya hanya akan mengusulkan bila diminta. Namun begitu soal Cawabup ini sebaiknya dibicarakan secara bersama antara PPP dan PD. “Kita semua ingin tidak ada yang tersakiti. Siapapun Cawabupnya harus diputuskan secara manis,” katanya.

Sementara itu Indrawanto hasan menegaskan kalau dia tak tertarik menjadi Wabup, lagi pula dia sudah bergabung dengan PAN. “saya di Bapilu PAN sekarang, ” katanya sambil melangkah pergi. Sementara itu, persoalan PAW Cawabup ini bisa jadi ribut, jika tidak berjalan sesuai aturan , karena PD akan sangat keras memperjuangkan haknya . Tetapi sekali lagi politik itu kompromi, semua bisa terjadi . Bisa saja orang luar yang jadi PAW. (rg-51)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.