Soal Pariwisata, Gorontalo Punya Modal Kuat

RadarGorontalo.com – Pariwisata saat ini, tumbuh menjadi salah satu andalan baru sektor ekonomi. Gorontalo sendiri, terbilang sudah punya modal untuk itu, walaupun infrastruktur belum terlalu memadai. Upaya pemerintah provinsi mendorong sektor satu ini, pun perlu diapresiasi.

Menurut Deputi Senior BI Mirza Adityaswara, bicara soal pariwisata, Gorontalo sudah punya modal dasarnya. Infrastruktur pendukung, seperti jalan hingga ketersediaan listrik sudah sangat baik. Belum lagi, kulinernya enak plus keramahan warganya. Alam Gorontalo bagus, walaupun harus diakui belum tereksplore dengan baik. Kuncinya adalah, promosi. Mirza mencontohkan, raja ampat Papua, Wakatobi Sulawesi Tenggara, adalah tempat yang dulunya tak dikenal. Tapi sekarang, dua tempat itu masuk sebagai destinasi wisata unggulan. “Gorontalo punya modal untuk tingkatkan pariwisata,” ungkapnya, disela-sela peresmian BI Corner, Rabu (28/9).

Sementara itu ditempat terpisah, Gubernur Rusli Habibie saat membuka Seminar Nasional dan Sidang Pleno Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) XVII, tadi malam mengatakan, Gorontalo memang punya segudang potensi wisata. Namun, diakuinya juga, untuk mendorong sektor pariwisata, butuh anggaran besar. Sedangkan, APBD Provinsi Gorontalo saat ini, masih fokus pada anggaran yang bersifat kemanusiaan, salah satunya pendidikan.

Rusli pun berharap, keberadaan ISEI di Gorontalo, bisa memberikan masukan dan solusi kepada pemerintah daerah, dalam hal upaya mendorong peningkatan ekonomi. Disisi lain, Rusli juga berharap, anggota ISEI yang punya rekanan pemodal, bisa diajak di Gorontalo untuk berinvestasi. “kami siap menerima, dan akan membantu sepenuhnya bagi siapapun yang ingin berinvestasi di Gorontalo,” pungkasnya sembari menambahkan, soal fasilitas transportasi, tak cuma jalan, untuk penerbangan juga, saat ini tercatat ada 800 penumpang per harinya. (rg-34)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.