Soal KPU Kota Gorontalo di Lapor, Begini Putusan Panwaslu…

RadarGorontalo.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Gorontalo akhirnya mengeluarkan putusannya terkait sejumlah aduan masyarakat, tentang dugaan pelaggaran kode etik yang dilakukan oleh Komisioner KPU Kota Gorontalo. Paswaslu menemukan adanya dugaan pelanggaran administrasi yang dilakukan oleh KPU Kota Gorontalo.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Ketua Panwaslu Kota Gorontalo, Jhon Purba, minggu (11/2). Menurutnya, Panwasu sudah mengeluarkan rekomendasinya terkait aduan masyarakat yang sebelumnya disampaikan ke Panwaslu Kota Gorontalo. Hasilnya, dalam rekomendasi yang dihasilkan itu, ditemukan pelanggaran yang bersifat administratif. “Persoalan etika kami sudah mengeluarkan rekomendasi ke DKPP termasuk dokumennya, terkait dengan pelanggaran etik,” ujarnya.

Jhon juga mengatakan, rekomendasi Panwaslu sudah disampaikan ke KPU Kota Gorontalo. “Kami sampaikan ke KPU Kota Gorontalo bahwa, dalam hal memutus atau menetapkan pasangan calon peserta Pilkada, untuk memperhatikan betul apa yang dimaksudkan dan ditetapkan di dalam peraturan perudang-undangan,” terangnya.

Lebih lanjut Jhon menambahkan, dalam hal pelaksanaan mekanisme tata kerja organisasi di KPU, itu memperhatikan aturan yang sudah ditetapkan, artinya segala sesuatu yang terjadi di KPU harus mengacu di tata kerja itu sendiri. “Misalnya melalui mekanisme rapat, tidak boleh seorang pimpinan langsung mengambil keputusan tanpa diketahui unsur komisioner KPU lainnya,” tambahnya. Sementara itu, terkait apakah pasangan calon itu Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS), Jhon mengatakan, memang ada di KPU, Panwaslu kewenanganya hanya melakukan pencegahan.

Terpisah, Ketua KPU Kota Gorontalo La Aba secara normatif mengatakan, terkait rekomendaasi Panwaslu Kota Gorontalo, nanti akan dijawab setelah tahapan penetapan calon peserta pilwako, besok (hari ini,red). Takutnya, jika dijawab sebelum tahapan berjalan, maka bisa dianggap pelanggaran juga.(rg-62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *