Soal Dugaan Pramuka Anti Pancasila, Pramuka Gorontalo Angkat Bicara…

Kak Idah Rusli Habibie Ketua Kwarda Pramuka Provinsi Gorontalo

RadarGorontalo.com – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Gorontalo, Idah Syaidah Rusli Habibie, angkat bicara terkait kisruh yang kini menerpa organisasi Gerakan Pramuka. Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dipimpin Imam Nacrawi menyatakan, akan menahan anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah melalui kementerian yang dipimpinnya, dengan nilai Rp. 10 Milyar.

Langkah Menpora tersebut dipicu pernyataan Adhyaksa Dault yang tersebar dalam video, pada tahun 2013 silam, yang mendukung Khilafah. Ia mengungkapkan pernyataan tersebut dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang kini dibubarkan pemerintah. Pernyataan Adhyaksa tersebut, kini berimbas pada Oraganisasi yang dipimpinnya, yakni Gerakan Pramuka, dimana dirinya menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka.

Menanggapi hal tersebut, Idah Syaidah selaku Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Gorontalo mengungkapkan sikap Menpora yang meragukan rasa pancasila dari organisasi kepemudaan terbesar di Republik Indonesia tersebut merupakan hal yang keterlaluan. Hal tersebut diungkapkan dalam sambutannya, saat menghadiri acara pelantikan Mabicab Gerakan Pramuka Boalemo, Senin (31/7). “Organisasi lain tidak ada yang menggunakan merah putih (kacu), hanya Pramuka yang menggunakannya. Jadi kalau pramuka diragukan kepancasilaannya, itu keterlaluan,” kata Idah.

Ia menegaskan, organisasi kepramukaan merupakan organisasi yang berdasar Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Pramuka dasarnya ini Dasa Dharma, NKRI. Kemana-mana selalu ada lambang merah putih di dada. Kalau diragukan Pramuka disusupi oleh hal yang lain, itu salah. Karena Pramuka selalu tertanam lambang merah putih. Pancasila selalu ada di dada kita,” pungkasnya. (TR-65/rg)

Share

Comments

comments

One thought on “Soal Dugaan Pramuka Anti Pancasila, Pramuka Gorontalo Angkat Bicara…

  • 10 September 2017 at 05:35
    Permalink

    Pramuka gk mungkin anti pancasila. dalam trisatya saja ada kata kata “Mengamalkan Pancasila”, jelas pramuka itu sangat cinta pancasila.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.