Siswa SDN 9 Hutabohu, Tetap Ujian Meski Sekolah Kebanjiran

Kondisi SDN 9 Hutabohu yang direndam banjir tak menyurutkan niat siswanya untuk tetap mengikuti ujian.

RadarGorontalo.com – Kendati kakinya harus terendam air setinggi lutut orang dewasa, para 97 siswa siswi SDN 9 Desa Hutabohu, tetap melaksanakan ujian sekolah, Senin (30/4). Ironisnya ini bukan kali pertama, setiap musim penghujan datang, siswa di sekolah itu harus rela belajar di atas genangan air, kecuali hari libur.

Seperti diutarakan Kepala Sekolah SDN 9 Hutabohu Roni Paudi. Dikatakannya, belajar di atas genangan air, berulang kali dialami para siswa di sekolahnya. Dan ini sudah terjadi sejak beberapa tahun belakangan. Roni pun menduga, hal itu dikarenakan drainase yang tersumbat, dan diperparah dengan letak bangunan yang lebih rendah dari jalan di depan sekolah.

Sementara itu, Camat Limboto Barat Hasni D. Lamanasa saat meninjau lokasi sekolah yang tergenang banjir itu mengatakan, menurut informasi penanganan banjir di sekolah itu, sudah akan masuk dalam anggaran perubahan. Ini sesuai hasil reses anggota DPRD Kabgor yang mengaku akan memperjuangkan anggaran tersebut.

“Hal ini sangat miris mengingat lokasi sekolah yang berada sangat dekat dengan pemukiman warga namun kondisinya memprihatinkan saat hujan turun. Dan Alhamdulillah para Aleg pada hari sabtu kemarin dalam agenda resesnya mengatakan akan mengupayakan penanganannya masuk pada pembahasan perubahan anggaran tahun ini.” Jelas Hasni.

Terkait sekolah yang terendam banjnir sendiri, pihak Korwil Kecamatan Limboto Barat Usman Rasid mengaku, sudah meminta kepada dinas pendidikan agar ke 97 siswa SDN 9 Hutabohu tersebut, agar dipindahkan ke sekolah yang lebih aman dari banjir. Agar pelaksanaan ujian berlangsung baik. “Alhamdulillah ini di ijinkan, dengan catatan ke sekolah yang masih satu gugus dengan SDN 9 Limboto Barat yakni di gugus Melati. Sehingga usai pelaksanaan ujian hari ini kami akan segera memindahkan lokasi pelaksanaan ujian hari berikutnya di SDN 10 Desa Hutabohu.” terang Usman.

Untuk diketahui, di Wilayah Limboto Barat peserta USBN Sekolah Dasar tahun ini berjumlah 295 siswa, yang mengikuti ujian di 4 gugus atau 4 titik pelaksanaan Ujian yakni di SDN 9 Desa Hutabohu (Gugus Melati), SDN 3 (Gugus Mawar), SDN 13 (Gugus Sakura), SDN 11 dan SDN 16 (Gugus Cempaka). (rg-52)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *