Sistem Digital Desa Lamahu Terdepan

PENGRESMIAN desa Lamahu, kecamatan Bulango Selatan kabupaten Bone Bolango sebagai desa digital oleh Direktur Keuangan Telkomsel Heri Supriadi. (foto/dok)

Telkomsel Dukung Pengembangan Smart Village

RadarGorontalo.com – Desa Lamahu kecamatan Bulango Selatan kabupaten Bone Bolango, menjadi desa pertama dengan sistem digital yang terdepan. Desa ini bahkan didaulat menjadi desa digital pertama di Indonesia.

Dan Kamis (6/4), diresmikan langsung oleh Direktur Keuangan Telkomsel, Heri Supriadi dan dihadiri oleh anggota Komisi I DPR RI Elnino M. H. Mohi, ST, M.Si, Penjabat Gubernur Gorontalo Prof. Zudan Arif Fakrulloh, Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Kapolda Gorontalo Brigjenpol Rachmad Fudail.

Memang luar biasa terobosan yang dilakukan desa Lamahu ini. Desa yang dipimpin Hasan Hasiru ini mendapat dukungan dari Telkomsel dalam pembangunan desa digital dalam rangka pengembangan implementasi mendorong terwujudnya konsep Smart Village. Kepala Desa Lamahu, Hasan Hasiru menjelaskan bahwa pembangunan seluruh program desa digital ini disponsori langsung oleh PT. Telkomsel Indonesia. Pekerjaan yang mencakup ide dan perangkat keras sampai perangkat lunak disediakan oleh Elnino Center.

Sementara pemerintah desa hanya mempersiapkan hal-hal di luar dari itu, seperti swadaya masyarakat, fasilitas tempat dan lainnya. Dalam smart village ini, pemerintah desa membangun infrakstruktur berupa sistim informasi dan komunikasi berupa smartpole yang didalamnya terdapat fasilitas kamera CCTV, lampu jalan otomatis hingga Wifi.

“Sebanyak 32 smartpole yang tersebar di seluruh desa. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan masyarakat desa yang bergerak dibidang UKM untuk menjual produk-produk mereka secara online. Selain itu, bisa digunakan para petani untuk dapat mengupdate hal-hal yang berkaitan dengan pertanian.” ujarnya. Terdapat 6 buah monitor raksasa dan 2 buah monitor mini yang terpasang di kantor desa sebagai alat operator.

Sedangkan 32 smartpole akan terhubung ke monitor yang ada di kantor desa untuk memantau aktifitas di desa. “semuanya itu dinamakan command center yang ada di kantor Desa Lamahu, tapi keseluruhan program di desa lamahu dinamakan smart villlage atau desa digital lamahu.” papar Hasan, sembari menambahkan smart village atau desa digital terdiri dari e-siskamling dan internet rakyat. Hasan bersyukur program desa digital ini sangat membantu pemerintah desa dan masyarakat.

Diantaranya kemudahan mengakses Wifi gratis dengan hanya memasukan pasword Nomor Induk Kependudukan (NIK) masing-masing dan cukup melalui aplikasi menggunakan handphone berbasis android. “lewat aplikasi itu, masyarakat dapat menekan tombol darurat seperti ibu melahirkan di tengah malam yang akan membunyikan alarm yang terdapat di Handphone Kepala Desa, Kepala Dusun, Perangkat Desa dan di command center itu sendiri yang dapat langsung merespon posisi dari masyarakat tersebut melalui GPS.” paparnya.

Dalam aplikasi itu, terdapat satu tombol yang dapat digunakan masyarakat apabila terdapat tindakan kriminal. Jika ditekan tombol itu, maka langsung terhubung ke kepolisian setempat yang memungkinkan aparat langsung bisa bertindak menangani hal itu. “insha Allah desa Lamahu siap mewujudkan visi dan misi serta program Bupati Bone Bolango Hamim Pou yakni cyber city.” tuturnya.

Hal senada disampaikan Serviser Corporate Communication Area Pamasuka, Hasrina Ali mengatakan, program berkelanjutan ini bertujuan untuk pemerataan layanan digital di seluruh daerah. “proyek percontohan Smart Village di Desa Lamahu ini, Telkomsel membangun konektivitas sebagai medium komunikasi dan informasi.” ujarnya.

Sementara itu Bupati Bone Bolango, Hamim Pou sangat mendukung, mengapresiasi dan berterima kasih kepada Telkomsel atas program bantuan membangun desa digital di desa Lamahu. “ini luar biasa, Telkomsel telah membantu masyarakat Bone Bolango, khusunya desa Lamahu dalam memberikan pelayanan melalui sistem digital. Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan sistem digital ini dengan sebaik-baiknya.” tuturnya. (RG-46)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.