Sibuk Cari Sponsor, Siapkan Dana 5 M

RadarGorontalo.com – Pilwako kali ini terbilang sepi. Bukan karena miskin kader, tapi lebih karena kendala kesiapan dana. Atau jangan-jangan mereka cuma simpan pukulan. Namun, jika melihat tenggat waktu yang semakin mepet, tak ada lagi kata simpan pukulan, semua harus siap. Konon ongkos politik yang harus disiapkan, minimal Rp. 5 miliar, itupun cuma modal awal. Ini tak cuma berlaku untuk Pilwako, tapi juga Pilbup Gorut.

Menurut salah seorang pengamat politik, angka Rp. 5 miliar untuk modal awal, rasanya masuk akal. Karena itu, sudah mencakup mulai dari pendaftaran, sosialisasi ke masyarakat, hingga kampanye. Tapi bukan berarti si calon hanya menyiapkan uang pas-pasan, harus ada dana cadangan. Yang biasanya, habis digunakan di minggu-minggu terakhir. Bukan mustahil khusus untuk Pilwako, uang yang digunakan bisa tembus diatas 10 miliar.

Nah, ditengarai inilah yang membuat para figur yang ingin mencalonkan diri, menahan nafsunya. Tuntutan harus punya modal besar, menjadikan sejumlah figur harus cari sponsor. Mulai dari cari pendamping yang punya modal, hingga mencari dukungan tambahan. Jangan heran, jika saat ini yang figur yang dikenal sebagai pengusaha jadi rebutan. Karena mereka sudah siap dana. Tapi tak semua pengusaha berani menerjunkan modalnya, karena di arena politik serba tidak pasti.

Apalagi, kekuatan besar yang dipercaya ikut menentukan hasil akhir belum punya sikap resmi. Contoh, Rusli Habibie. Saat ini, baik Pilwako maupun Pilbup Gorut, semua calon menanti-nanti, sikap sang panglima. Takut, keputusan mereka justru bersebrangan. Namun lagi-lagi, di periode kedua ini, banyak pengamat melihat Rusli jauh lebih realistis. Beliau akan memilih, figur yang siap lahir batin. Punya modal besar, siap terjun bebas dan berani ambil resiko. (rg-50)

Berita Terkait

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *