Siapkan Generasi Qurani Bumi Panua, Bakal Terjunkan Hafidz muda ke pelosok,

Bupati Syarif Mbuinga, bersama para calon hafidz muda

RadarGorontalo.com – Yang dilakukan Bupati Syarif Mbuinga, mungkin patut ditiru oleh kepala daerah lainnya. Berangkat dari rasa prihatinnya, akan kondisi sejumlah masjid di pelosok Pohuwato yang rata-rata dipimpin oleh imam yang sudah uzur. Dari sinilah muncul ide Syarif, untuk mendirikan sekolah tahfidz demi mencetak generas Qurani.

Memang, harus diakui masuk periode kedua, kesan religius makin kental terasa di daerah ini. Jadi, tercetusnya rencana mendirikan sekolah tahfidz ini, berangkat dari sebuah keprihatinan Syarif sebagai seorang khalifah. Seperti biasa, setiap Ramadhan ada agenda tarwih keliling yang dilakukan pemerintah daerah. Nah, di setiap masjid kecamatan yang didatanginya, sholat rata-rata dipimpin oleh imam yang sudah lanjut usia, apalagi masjid yang ada di pelosok.

Disinilah muncul pertanyaan di benak Syarif. “Jangan-jangan, jika para imam ini tak lagi bisa bertugas seperti biasa karena faktor umur, terus siapa yang akan menggantikan? disisi lain, generasi muda yang ada, belum bisa diharapkan menjadi pengganti.

Syarif pun berfikir, kalau tidak disiapkan dari sekarang bisa-bisa akan terputus regenerasi imam masjid di Kabupaten Pohuwato. Padahal visi pemerintahan SYAH (Syarif Mbuinga-Amin Haras) salah satunya adalah Agamis. Sebetulnya, dari beberapa tahun kemarin pemerintah daerah telah memberikan beasiswa kepada beberapa pemuda untuk sekolah hafidz quran. Walhasil, para pemuda itu kini telah aktif menjadi imam di Masjid Agung Kabupaten Pohuwato, Baiturrahim. Tapi keinginan Syarif tidak hanya berhenti sampai disitu, ia ingin regenerasi imam sampai ke seluruh masjid yang ada di Kabupaten Pohuwato.

Nah, masa jabatan Syarif yang masih tersisa kurang lebih tiga tahun lagi ingin ia gunakan untuk mencetak ratusan penghafal quran. “Saya sudah tidak bisa menunda lagi, insya Allah tahun depan kita bangun sekolah hafal al quran di Kabupaten Pohuwato. Saya punya obsesi tiga tahun kedepan kita akan mencetak ratusan penghafal al quran di Kabupaten Pohuwato. Mohon dukungannya. Tidak ada yang bisa ditinggalkan, kecuali kita meninggalkan kader-kader qurani di Kabupaten Pohuwato. Insya Allah akan memberikan berkah dan akan mendatangkan hidayah dari Allah,” janji Syarif kala membuka MTQ tingkat Kecamatan Buntulia Kamis (31/5) malam. (RG-58)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *