Siapa PLT Bupati Gorut…? Simak Bocorannya…

RadarGorontalo.com – Jika Pelaksana Tugas (PLT) untuk Walikota Gorontalo, sudah dipastikan sesuai aturan, akan dijabat oleh Wakil Walikota Charles Budi Doku. Namun, untuk PLT Bupati Gorontalo Utara (Gorut), hingga akhir pekan kemarin, belum diketahui, siapa pejabat yang berhak menduduki, alias mengantongi Surat Keputusan-nya (SK) dari Kementerian Dalam Negeri.

Akan tetapi, Kepala Biro (Karo) Pemerintahan Setda Provinsi Gorontalo, Mitran Tuna, yang dihubungi RADAR via telepon selulernya semalam, menguraikan, hal itu akan diupayakan pihaknya, dalam waktu dekat ini, alias sebelum tanggal 15 Februari 2018. “Karena, izin cuti dari masing-masing kepala daerah, baik untuk Walikota Gorontalo dan Bupati Gorut, baru berlaku di tanggal 15 Februari tersebut. Artinya, sedapat mungkin, kami (Pemprov) mengupayakan SK siapa pejabat yang akan menempati PLT Bupati Gorut itu, sudah keluar (administrasi-nya) dari Kemendagri, sebelum tanggal 15 Februari. Dan, kami percaya, Kemendagri mengetahui hal ini. Karena, hajatan Pilkada Serentak, ada di 171 daerah provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia,” ujar Mitran, semalam.

MANTAN GORUT

Dari bocoran yang dihimpun RADAR, nampaknya ada 5 (lima) nama tokoh birokrat di lingkup Pemprov Gorontalo, yang hangat dan marak diperbincangkan layak menakhodai sementara, roda pemerintahan di kabupaten paling bungsu di provinsi ke 32 di Indonesia ini. Menariknya, mereka mayoritas adalah para birokrat yang pernah bertugas di lingkup Pemkab Gorut. Masing-masing, Asri Banteng, Ridwan Yasin, Risjon Sunge, Slamet Bakari, dan Adrian Lahay.

Namun, Karo Pemerintahan Setda Pemprov Gorontalo, Mitran Tuna, yang dikonfirmasi terkait siapa saja para tokoh birokrat yang telah diusulkan oleh Pemprov ke Kemendagri RI, sebagai calon PLT Bupati Gorut, enggan menjabarkannya. “Itu ada di keputusan Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan) Pemprov Gorontalo. Olehnya, menurut saya, mari kita tunggu bersama, siapa nanti yang akan diputuskan oleh Kemendagri, sebagai PLT Bupati Gorut, per 15 Februari nanti,” jelas mantan PLT Sekertaris Deprov Gorontalo ini. (rg-28)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.