Siapa Cagub Gorkar Nanti?

Ilust by Anwart

RadarGorontalo.com – Dulu, ada dua kader Golkar yang sama-sama punya kekuatan untuk menjadi Gubernur. Yang satu Ahmad Pakaya dan yang satunya lagi, Fadel Muhammad.

Ahmad Pakaya orang yang sangat berpengaruh di Golkar dan dia adalah seorang Bupati. Musda pertama Golkar, ada aturan yang dibuat Ketua DPP Golkar yang ketika itu dipimpin Akbar Tanjung.

Siapa yang jadi Ketua DPD I Golkar tidak bisa jadi Gubernur. Ahmad Pakaya yang ketika itu jadi Bupati Kabupaten Gorontalo yang wilayahnya sangat luas, belum terbagi menjadi beberapa kabupaten seperti sekarang, lebih memilih jadi Ketua Golkar.

DPP kemudian menurunkan Fadel menjadi Gubernur pertama Gorontalo. Memang sulit kalau ada dua bintang. Golkar mulai tak kompak. Ada yang blok Pakaya dan ada blok Fadel.

Sampai akhirnya Pakaya digulingkan. Nah, ke depan sejarah ini bakal terulang. Ada dua bintang di Golkar. Yang satu Syarief Mbuinga dan satu lagi Marten Taha.

Kedua tokoh ini sama-sama punya peluang jadi Ketua DPD I Golkar, sama-sama punya peluang jadi Cagub. Menurut seorang tokoh Golkar, akal-akalan yang dilakukan DPP Golkar pada Musda pertama Golkar Gorontalo, sudah tak bisa diterapkan lagi.

Makanya Musda Golkar setelah Pilgub saja, siapa yang jadi Gubernur pastilah akan jadi Ketua Golkar. Tokoh tadi sangat yakin, Syarief dan Marten pasti sama-sama akan maju di Pilgub, mungkin yang satu jadi Cagub dan satunya lagi jadi Cawagub berpasangan dengan Cagub dari partai lain.

Tetapi bukan tak mungkin keduanya bisa berpasangan. Jika itu terjadi, maka pasangan ini akan sangat kuat. Karena akan terjadi ‘perkawinan’ antara wilayah Barat dan Kota Gorontalo.

Syarief yang mantan Bupati Pohuwato, pasti akan mendapat dukung dari Pohuwato dan juga Boalemo. begitu juga dengan Marten pasti akan dapat dukungan Kota Gorontalo. Pertanyaannya, siapa yang Cagub dan siapa Cawagub?. Ini mudah diselesaikan, pasti akan terjadi kompromi. (RG-46)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *