Siap Hadapi Gugatan, KPU Boalemo Tak Gentar

RadarGorontalo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boalemo mengaku siap jika digugat oleh pihak manapun yang merasa keberatan atas langkah yang ditempuh oleh pihak penyelenggara pemilihan selama proses tahapan Pilkada Serentak di Kabupaten Boalemo. Penagasan itu disampaikan Ketua KPU Boalemo, Amir Koem, usai menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) membahas rencana kegiatan debat kandidat, yang sempat tertunda.

Amir pun, sepertinya tak bergeming soal tudingan yang mengatakan rapat pleno KPU yang memutuskan menganulir pasangan Rum Pagau-Lahmudin Hambali (PAHAM) inkonstitusional, karena tak menghadirkan panwaslih ataupun LO dari pasangan yang akan dicoret itu. “Itu kan tanggapan dan penilaian. Tidak ada masalah. Prosedur yang kita laksanakan sudah sesuai ketentuan. Kami dari KPU bila disengketakan, bila digugat kemana saja, kami siap terhadap apa yang sudah dilaksanakan,” ungkapnya singkat.

Amir mengakui, beberapa hari terakhir dirinya bersama komisioner KPU lainnya, belum masuk kantor. Dengan alasan pertimbangan keamanan, mengingat sejak putusan mencoret PAHAM, kantor KPU terus-terusan dikepung massa aksi. “Kami bukan tidak masuk kantor, namun alasan kami tidak ke kantor karena kondisi. Masa ada demo kita tetap ngotot ke kantor?,” kilah Amir

Meski demikian Amir mengungkapkan, dengan adanya aksi massa yang telah berlangsung beberapa kali tersebut, sama sekali tidak mengganggu proses tahapan Pilkada Serentak yang kini tengah berlangsung di Kabupaten Boalemo. “Terhadap tahapan tidak ada yang tertunda contoh dari tanggal 9 sampai tanggal 11 kemarin, finalisasi rekrutmen KPPS. Kemudian tanggal 12 sampai 14 itu PPS sudah melakukan pengukuhan terhadap KPPS. Jadi tidak ada tahapan yang tertunda,” pungkas Amir. (RG-59)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.