Setelah Rusli, Siapa Gubernur Berikutnya? Syarif atau Marten

Ilustrasi by Anwar

RadarGorontalo.com – Masa kepemimpinan Rusli Habibie menjabat Gorontalo masih tiga tahun lagi, namun publik sudah ramai membicarakan suksesi. Termasuk ketua DPD 1 Golkar yang tak lain Gubernur Rusli Habibie.

Dia memang selalu membahas soal politik di kediaman pribadinya di Kelurahan Moodu. Makanya keputusan Keputusan di Moodu ini sangat penting bahkan bisa dibilang sakti. Seperti diketahui 2022 nanti masa jabatannya sebagai Gubernur sudah akan berakhir.

Menariknya Pilgub baru akan dilaksanakan pada 2024, ada kekosongan jabatan kurang lebih 2 tahun, dan tentu saja akan ada pejabat pelaksana tugas (plt) Gubernur. Karena Rusli sudah dua periode, maka Pilgub nanti tidak bertuan. Dan semua kandidat mulai dari nol, alias punya kekuatan sama.

Tak ada Incumbent, lalu siapa yang akan dipesiapkan Golkar untuk mempertahankan kursi Gubernur yang sudah empat periode, dimiliki partai berlambang beringin ini.? Rusli menyebut dua nama, Syarief Mbuinga dan Marten Taha.  Ketua DPD 1 Partai Golkar ini juga sependapat kalau keduanya bisa berpasangan di Pilgub nanti, apalagi pada 2024 nanti Marten juga akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Walikota.

Memang kalau kedua tokoh ini bergabung, keduanya akan sangat kuat, karena faktor wilayah. Syarief pasti akan didukung penuh oleh rakyat wilayah Barat (Pohuwato – Boalemo), sedangkan Marten dari Kota Gorontalo. Pertanyaanya, siapa yang papan satu (Calon Gubernurnya)? Jawabannya akan ditentukan dari hasil musyawarah daerah (Musda) partai Golkar nanti.

Siapa yang terpilih sebagai Ketua DPD 1Golkar Gorontalo, maka dialah yang menjadi Cagub Golkar. Makanya diprediksi Musda Golkar akan sangat panas, namun bila melihat karakter Marten dan Syarief, keduanya tidak akan tampil bermusuhan, mereka adalah pribadi yang sangat mampu mengendalikan keinginan. (rg-51)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.