Sesama Aleg, Nyaris Baku Pukul


Rapat Paripurna DPRD Gorut Selasa kemarin, sempat diwarnai ketegangan diantara aleg F-PAN, terkait rotasi Ketua F-PAN.

RadarGorontalo.com – Internal Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) DPRD Gorontalo Utara (Gorut) memanas. Bahkan, kondisi itu nyaris berujung pada kontak fisik disela – sela pelaksanaan Rapat Paripurna yang digelar Selasa kemarin.

Dipimpin Ketua DPRD Gorut Nurdjanah Yusuf bersama Wakil – Wakil Ketua DPRD Gorut Saiful Karim dan Djafar Ismail, rapat dengan agenda pembahasan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD Kabupaten Gorut tahun 2016, awalnya berjalan lancar. Lukman Botutihe sebagai Ketua F-PAN baru, mendapat giliran membacakan pemandangan umum fraksinya terhadap dokumen LPJ Pelaksanaan APBD 2016.

Tak berapa lama kemudian, interupsi disampaikan Saiful Karim. Saiful menyebut, kepemimpinan Lukman Botutihe inprosedural diinternal fraksi dengan 5 kursi ini. Saiful juga menegaskan bahwa, dirinya masih sebagai pucuk pimpinan F-PAN. Interupsi ini langsung ditanggapi oleh Lukman Botutihe yang juga menegaskan bahwa, pergantian dan rotasi Ketua F-PAN telah sesuai dengan prosedur sebagaimana yang diatur dalam DPD PAN Kabupaten Gorut.

Adu argumen tak terhindarkan. Keberadaan Saiful Karim sebagai unsur pimpinan, sempat diprotes karena menyampaikan interupsi dimeja pimpinan. Mendengar itu, Saiful langsung turun, mengambil tempat bersama aleg DPRD Gorut. Kondisi makin memanas saat Saiful yang akan menyampaikan pendapatnya lagi, kembali langsung ditanggapi oleh rekannya yang juga sesama kader PAN ini.

Sejumlah aleg, termasuk Wakil Ketua DPRD Gorut Djafar Ismail, sempat memberikan pandangan. Djafar mengatakan, persoalan tersebut baiknya diselesaikan dulu diinternal. Hitler Datau juga mengatakan bahwa, Rapat Paripurna yang dihadiri Bupati Gorut dan pimpinan OPD ini, bukan mengagendakan pembahasan pimpinan F-PAN. Karenanya kata dia, baiknya agenda rapat tetap dilanjutkan. Kader yang juga aleg F-PAN lainnya, Rahmat Lamaji juga angkat bicara.

Menurut dia, hingga kini belum ada pergantian Ketua F-PAN DPRD Gorut. “Proses pemilihan Ketua Fraksi belum dilaksanakan, dan berdasarkan hasil Rapat Paripurna Internal kemarin, kami dari F-PAN diberikan kesempatan untuk menggelar agenda internal tersebut,” kata Rahmat.

Kembali Lukman langsung menanggapi pernyataan tersebut. Lukman yang juga merupakan Ketua DPD PAN Kabupaten Gorut ini mengatakan, rapat Pinhar telah digelar yang membahas berbagai hal termasuk pergantian Ketua F-PAN. Pihaknya juga sudah menyampaikan secara tertulis ke Sekretariat DPRD Gorut. “Surat sudah dibacakan oleh pak Sekwan dalam Rapat Paripurna kemarin,” ungkap Lukman.

Situasi yang masih memanas tak terbendung saat itu. Kontak fisik yang nyaris terjadi, akhirnya Rapat Paripurna diskorsing. Aleg lainnya, berusaha menenangkan. Sejumlah pimpinan OPD sempat berusaha menghindar melihat kondisi tersebut. Meski begitu, Rapat Paripurna tetap dilanjutkan dan selesai. (rg-51)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.