Serly Mundur, Adhan Terancam?

Adhan Dambea

RadarGorontalo.com – Calon legislatif (Caleg) Partai Amanat Nasional (PAN) untuk DPRD Provinsi Gorontalo dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Kota Gorontalo terancam dicoret atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Salah satu calegnya adalah mantan Walikota Gorontalo Adhan Dambea.┬áHal ini buntut pengunduran diri Serly Djou dari daftar caleg PAN. Dimana dengan mundurnya istri Wakil Walikota Gorontalo ini, maka jelas keterwakilan perempuan 30 persen di daftar caleg PAN tidak bisa terpenuhi.

Sehingga sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 20 tahun 2018, jika keterwakilan perempuan 30 persen tidak terpenuhi, maka secara otomatis seluruh caleg dalam satu dapil itu dinyatakan TMS. Bagaimana nasib caleg PAN? Menanggapi mundurnya Serly Djou, Tokoh Pemuda PAN, Rafiq Datau mengaku sangat kecewa. Menurut Rafiq, PAN tidak mempermasalahkan mundur atau tidaknya Serly Djou dari caleg PAN, karena itu hak dia. Namun yang sangat disesalkan adalah kenapa pengunduran diri dilakukan nanti pada saat detik-detik terakhir tahapan pengajuan penggantian bakal calon.

Memang, kata Rafiq, jauh-jauh hari sebelum tahapan penggantian caleg berakhir, Serly Djou sudah didesak oleh suaminya Budi Doku yang juga Wakil Walikota Gorontalo, agar mundur dari caleg PAN. Namun sangat disayangkan, Serly memilih mundur disisa waktu lebih kurang 4 jam sebelum berakhirnya tahapan pengajuan penggantian caleg. “ini yang menjadi pertanyaan dan kecurigaan kami. Apalagi yang mengantar surat pengunduran diri Serly itu adalah pengurus salah satu partai politik. Ada apa?.” tanya Rafiq.

Sehingga itu, pengunduran diri Serly Djou ini terindikasi ada unsur kesengajaan untuk menghancurkan caleg-caleg PAN Kota yang akan bertarung di DPRD Provinsi Gorontalo. Apalagi didalam daftar caleg PAN ada nama Adhan Dambea yang selama ini dikenal frontal mengkritik kebijakan pemerintah Provinsi Gorontalo. “Kami curiga masih ada upaya-upaya untuk menjegal pak Adhan ke DPRD Provinsi Gorontalo.” tegas Rafiq. (RG-46)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.