Selisih Perolehan Suara Jauh, DAMAI Sulit Digugat

Pasangan DAMAI bersama masyarakat.

RadarGorontalo.com – Besarnya selisih perolehan suara, memupuskan harapan pasangan calon lain menggugat Darwis Moridu – Anas Yusuf (DAMAI) sebagai pemenang pilkada Boalemo. Rencananya, 8 Maret mendatang, KPU Boalemo akan segera menggelar pleno penetapan calon terpilih.

Ketua KPU Boalemo Amir Koem ditemui usai pleno rekapitulasi hasil suara, Rabu (22/2) menjelaskan, berdasarkan peraturan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota, kabupaten/kota dengan jumlah penduduk sampai dengan 250.000 (dua ratus lima puluh ribu) jiwa, pengajuan perselisihan perolehan suara dilakukan jika terdapat perbedaan paling banyak sebesar 2 persen.

Untuk hasil rekapitulasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Boalemo, kata Amir, terdapat selisih perolehan suara kurang lebih sebesar 20 persen. Nah, hal ini menunjukan bahwa peluang pasangan calon lain dalam melakukan PHP terbilang kecil. Kendati demikian, Amir menegaskan untuk PHP, diserahkan sepenuhnya kepada paslon terkait. “Saya tidak bisa mengatakan peluang PHP tertutup. Itu hak dari masing-masing calon untuk melakukan PHP,” ujar Amir. Akan tetapi, Amir menilai bahwa untuk melakukan PHP, kemungkinan syarat formil gugatan tersebut tidak terpenuhi. “Saya menilai, syarat formil gugatannya itu tidak memenuhi unsur persyaratan. Karena dilihat dari selisih peroleh suara yang cukup jauh,” timpalnya.

Sementara itu, dalam rekapitulasi kemarin, khusus untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Boalemo, pasangan nomor urut 2, Darwis Moridu-Anas Jusuf (DAMAI) berhasil mengumpulkan suara tertinggi, yaitu 48.971 suara sah. Sedangkan, pasangan calon lainnya, Uwes Abubakar-Buyung Puluhulawa (UNGGUL) hanya mampu memperoleh suara sebanyak 32.259 suara sah.

Sedangkan untuk hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo di Boalemo, nomor urut 2, Rusli Habibie-Idris Rahim (NKRI) memperoleh suara terbanyak dengan total 32.864 suara sah. Disusul pasangan Hana Hasanah-Tony Junus (HATI) dengan 27.621 suara sah di tempat kedua. Sedangkan, pasangan Zainudin Hasan-Adhan Dambea (ZIHAD) menempati posisi buncit, dengan perolehan 21.281 suara sah. (RG-59)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.