Seleksi Sekkot Sepi Peminat, Pejabat Malu-malu Kucing

ilustrasi (Anwar/RG)

RadarGorontalo.com – Lebih dari dua pekan terhitung sejak Kamis (09/03), pendaftaran calon sekretaris daerah Kota Gorontalo dibuka. Sayang, belum ada satupun pejabat yang mau mendaftarkan diri. Beberapa nama pejabat dilingkungan Pemkot yang sempat disuarakan pun, belum mendaftarkan diri.

Belum tahu apa alasannya, yang pastinya kata Roy Hasiru salah seorang anggota panitia seleksi (Pansel), pihaknya masih tetap menunggu pendaftar. “Batasnya sampai dengan akhir Bulan Maret ini, dan jika pada tenggang waktu yang telah ditentukan belum ada lagi yang mendaftar, maka pendaftrannya akan diperpanjang,” ujar Roy.

Tidak adanya pejabat yang mendaftar, mempersulit prediksi siapa pejabat yang diingini menjabat Sekda Kota itu. Asisten III Pemkot Gorontalo Abdul Gaffar Dude, ketika ditanyakan siapa kira-kira calon sekda nanti. “Belum bisa di prediksi,” singkat Mantan Kadis Periwisata itu.

Lain lagi diungkapkan Kepala Bagian Hukum Pemkot Gorontalo Hj. Sitti Dahlia Syarif, yang belum bisa memberikan komentar ketika ditanyai siapa yang cocok jadi Sekda. Namun jika sudah ada minimal tiga yang mendaftar ke pansel, dan memenuhi ketentuan perundang-undangan, maka dirinya bisa memberikan komentar terkait siapa jagoannya. “Saya bisa memberikan komentera jika sudah ada tiga calon yang di tentukan Pansel, sabar yaa,” ucap Sitti.

Sementara itu, Funco Tanipu salah seorang anggota tim Pansel menuturkan, perekrutan Sekda Kota ini tidak seperti dengan pecalonan kepala daerah, bahkan persayratannya lebih tinggi dari syarat untuk menjadi kepala daerah. Seperti harus memenuhi 23 persyaratan yang ada, dan melalui 9 tahapan yang telah ditentukan pansel. “persyaratan yang tercantum dalam formulir pendaftaran, semua sudah sesuai dengan Undang-undang (UU) No 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Maupun Peraturan Menteri (Permen) Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI No 13 Tahun 2014, tentang tindak lanjut dari UU No 5 tersebut. Dan ini tidak seperti mencalonkan diri sebagai kepala dearah,” terang Funco. (rg-62)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *