Sekilas Radar Gorontalo di HUT ke 12

Foto bersama Keluarag Besar Radar Gorontalo di HUT ke 12 di Graha Pena Radar Gorontalo.
Foto bersama Keluarag Besar Radar Gorontalo di HUT ke 12 di Graha Pena Radar Gorontalo.

RadarGorontalo.com – 1 Oktober secara Nasional dirayakan sebagai hari Kesaktian Pancasila. Dihari bersejarah bagi bangsa ini, secara kebetulan tanpa direncanakan lahirnya salah satu media cetak ke dua setelah pendahulunya Gorontalo Post, yakni Harian PROSES 1 Oktober 2004. Dengan misi sebagai media alternatif untuk pembaca di Provinsi Gorontalo,PROSES hadir dengan sajian berita berita metro, (kriminal), kenapa harus jadi koran metro ? karena diera itu antara tahun awal tahun 2000, koran koran metro memang lagi tumbuh subur. Rata-rata anak perusahaan di daerah dibawah naungan jawa pos menghadirkan koran metro.

Namun koran metro umurnya pendek. Satu persatu koran metro secara oplah dan iklan menurun, Harian PROSES pada awalnya mampu bertahan bahkan terbilang tumbuh cukup sehat. Tapi gejala turunhya koran metro di tanah air, menjadi diskusi semua kalangan media. Sampai akhirnya kamipun harus membaca tanda tanda zaman.

Baca Juga : Dirayakan Secara Spontan, Sederhana Tapi Meriah

Dengan berbagai pertimbangan akhirnya tim redaksi dituntut harus mengambil sikap berani, melawan direksi. Dipimpin Radan Saleh Abdulah waktu itu sebagai Pemimpin Redaksi diawali dengan rapat marathon akhirnya memutuskan terbit dengan nama baru, Yakni Tribun Gorontalo (2007-2010), bukan hanya menganti nama, tapi menganti segmen dari kriminal menjadi koran politik.

Perubahan nama dan segmen ini ternyata membawa hoki baru. Dengan segmen politik mendapat apresesasi dari pembaca, dibanding sewaktu masih koran metro. Perkembangan Tribun Gorontalo dengan segmen politik jauh lebih terterimah,setidaknya dari sisi pembaca dan pemasang iklan. Sampai akhirnya kamipun harus berganti nama kembali menjadi Radar Gorontalo (2011-hingga sekarang ) karena adanya penyeragaman nama dari seluruh group jawa pos saat itu. Peralihan nama dari Tribun Gorontalo ke Radar Gorontalo ternyata lebih memantapkan eksistensi satu satunya koran politik di Provinsi Gorontalo. (RG)

Share

Comments

comments

One thought on “Sekilas Radar Gorontalo di HUT ke 12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *