Sebelum Dilantik Pejabat Eselon Boalemo Dites Urine

Pelaksanaan tes urine terhadap Ratusan Pegawai
Negeri Sipil (PNS) dari pejabat eselon II, III, dan I.

RadarGorontalo.com – Ada yang menarik dari pelantikan pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Boalemo untuk mengisi posisi – posisi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tahun 2017, yang berlangsung pada Selasa (3/1) malam.

Betapa tidak, pelantikan yang sedianya dilaksanakan pukul 21.00 Wita tersebut harus molor dari jadwal yang direncanakan. Ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari pejabat eselon II, III, dan IV yang akan dilantik untuk mengisi posisi – posisi OPD, diharuskan untuk melakukan tes urine terlebih dahulu. Pelaksanaan tes urine yg terbilang mendadak inipun sempat membuat sebagian besar pegawai nampak kebingungan.

Pasalnya, agenda tes urine sebelum pelantikan ini belum sepenuhnya diketahui oleh para pegawai yang akan dilantik. Salah satunya seperti yang diungkapkan Darwin Latinapa selaku pegawai Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Boalemo, dirinya mengaku terkejut dengan hal tersebut. Namun dirinya menyambut baik langkah tes urine yang dilaksanakan Pemda Boalemo yang melibatkan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Boalemo tersebut.” Awalnya saya terkejut. Namun saya merespon positif. Supaya diketahui jelas siapa – sipa yang terindikasi penyalahgunaan narkoba,” ujar Darwin.

Meski sempat kaget dan kebingungan dengan pemberlakukan tes urine sebelun pelantikan tersebut, ratusan pegawai yang akan dilantik untuk mengisi posisi OPD tersebut, langsung melakukan tes urin dengan antusias. Dari pantauan koran ini pihak pejabat eselon II, III dan IV masih melakukan tes urine bagi pejabat yang memadati gedung graha putra tunggal.

Penjabat Bupati Boalemo Adrian Lahay melalui Kabag Humas Hendrik Bano menjelaskan bahwa tes urine merupakan langkah bagi pejabat untuk bisa dilantik dalam mengisi jabatan. Artinya, lanjut Hendrik jika ditemukan ada pejabat eselon II, III dan IV terindikasi positif maka besar kemungkinan pejabat tersebut akan menjadi bahan pertimbangan untuk dilantik dalam mengisi jabatan. (RG-27/RG-59)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *