Sandiaga, Cawapres Orang Gorontalo

Sandiaga Uno

RadarGorontalo.com – Tak cuma Jokowi yang mengejutkan dengan pilihan cawapresnya yang jatuh ke Ma’ruf Amin Rais Aam PBNU, kubu Prabowo pun tak kalah mengejutkan karena memilih Sandiaga Uno sebagai cawapres. Bagi orang Gorontalo, pilihan Prabowo itu tentu sangat membanggakan. Disisi lain, pilihan Prabowo itu membenarkan prediksi yang pernah ditulis koran ini.

Jika pasangan ini terpilih, maka Sandiaga akan menjadi orang Gorontalo kedua yang berada di tampuk pemerintahan tertinggi di negeri ini, setelah yang pertama BJ Habibie. Walaupun lahir di Pekanbaru, namun ayah dari Sandiaga yakni Razif Halik Uno atau lebih dikenal Henk Uno adalah putra asli Gorontalo.

Bicara soal Gorontalo, sebelum bahkan sedudah menjabat sebagai wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga merupakan tipikal putra daerah yang tidak melupakan asal usulnya. Tak cuma sering datang ke Gorontalo, Sandiaga pun sering mengenakan upiah karanji sebagai salah satu ciri khasnya. Jika melihat silsilah, marga Uno memiliki hubungan kekerabatan dengan marga Botutihe hingga Monoarfa.

Bahkan, mengutip dari berbagai sumber, Sandiaga Uno ternyata adalah keturunan dari raja Gorontalo, yang pertama menyebarkan islam di daerah ini. (rg-34)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *