Saling Lempar Kewenangan, Jalan Perbatasan Terbengkalai

Salah satu ruas jalan di wilayah perbatasan antara Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango, yang butuh perbaikan.

RadarGorontalo.com – Kebutuhan akan akses-akses jalan yang memadai, masih kerap menuai pertentangan dan saling lempar kewenangan, di antara kabupaten/kota. Terlebih yang berlokasi di daerah perbatasan. Sehingga, masyarakat mengharapkan, sebaiknya, infrastruktur jalan yang tanpa status dan berada di kawasan-kawasan perbatasan ini, untuk segera diambil, dan menjadi wewenang pemerintah provinsi.

Seperti halnya, salah satu kawasan jalan, yang membelah perbatasan antara kelurahan Tamalate di Kota Gorontalo dan desa Pauwo di kecamatan Kabila kabupaten Bone Bolango (Bonbol). Tepatnya di simpang empat dari pintu gerbang, gapura kabupaten Bonbol, di jalan Sultan Botutihe, yang menuju ke Utara. Dimana, di ruas jalan ini, sudah lama diaspirasikan oleh warga setempat, untuk butuh perbaikannya. Terlebih disetiap musim hujan, kerap menimbulkan sejumlah kumbangan lumpur. “Namun, ketika kami menyampaikan aspirasi ke pihak Kota Gorontalo, katanya itu (jalan) wewenang Kabupaten Bonbol. Pun demikian sebaliknya, ketika di Bonbol, pihak pemerintah setempat menyebutkan, bahwa itu wewenang Kota Gorontalo. Olehnya, kami berharap, agar hal ini, segera diambil alih saja, dan ditangani menjadi kewenangan pemerintah provinsi Gorontalo, untuk perbaikannya,” demikian, aspirasi sejumlah warga, dan mereka pengguna jalan, yang kerap melintas di kawasan jalan tersebut.

Menyikapi hal ini, dua personil di keanggotaan Deprov Gorontalo, masing-masing Helmi Adam Nento dari daerah pemilihan (dapil) I Kota Gorontalo, dan Yeyen Saptiani Sidiki dari dapil II kabupaten Bonbol, saat dikonfirmasi, mengaku akan segera menindaklanjuti aspirasi warga, terkait jalan tanpa status di perbatasan kedua wilayah tersebut. “Jalan tersebut, belum menjadi kewenangan provinsi. Olehnya, insya Allah, hal ini akan menjadi catatan kami, untuk ditindaklanjuti, dan akan dilakukan peninjauannya di masa reses terdekat nanti,” terang kedua aleg Deprov ini, senada. (ay1/rg)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.