Sabet Medali Emas, Siswa SLB Wakili Indonesia Ke Hungaria

 

SISWA tunagrahita SLB kabupaten Bone Bolango Yaman Tangahu saat berpose bersama memegang medali emas dan piagam penghargaan, saat menjuarai LKS tingkat nasional di Kota Bandung
SISWA tunagrahita SLB kabupaten Bone Bolango Yaman Tangahu saat berpose bersama memegang medali emas dan piagam penghargaan, saat menjuarai LKS tingkat nasional di Kota Bandung

RadarGorontalo.com – Siswa tunagrahita Sekolah Luar Biasa (SLB) Bone Bolango, Yaman Tangahu berhasil meraih medali emas pada ajang Lomba Keterampilan Siswa (LKS) SMP Luar Biasa dan SMA Luar Biasa tingkat nasional tahun 2016 yang digelar di Kota Bandung, Jawa Barat akhir bulan September 2016 lalu.

Kepala SLB Bone Bolango, Anwar Adjami, S.Pd, MM, menjelaskan Yaman Tangahu sebagai siswa yang memiliki kebutuhan khusus, yakni tunagrahita atau keterbelakangan mental dengan memiliki IQ di bawah rata-rata, berhasil tampil sebagai juara dan mendapatkan penghargaan berupa medali emas. Selain itu, Yaman juga mendapatkan piala dan piagam penghargaan, serta uang pembinaan sebesar Rp. 12 juta pada LKS tingkat nasional dibidang lomba Tata Boga.

Prestasi ini, kata Anwar Adjami tentunya sebagai upaya bersama Pemda Bone Bolango, para pendidik dan pelaksana Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Dikpora Provinsi Gorontalo, serta sebagai pendidik maupun pembina sekaligus pelatih dari Yaman Tangahu. “alhamdulillah dari upaya bersama berbuah hasil yang maksimal dan bisa berprestasi ditingkat nasional sekaligus membanggakan Provinsi Gorontalo, khususnya kBone Bolango. Apalagi sampai mewakili Indonesia ke Hungaria.” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, LKS SMP Luar Biasa dan SMA Luar Biasa tingkat nasional merupakan kegiatan tahunan untuk menyeleksi bakat-bakat siswa yang memiliki kebutuhan khusus sesuai dengan bidang atau keahliannya masing-masing. “dengan prestasi ini, maka siswa SLB akan mewakili Indonesia diajang serupa di tingkat internasional yang akan di gelar di negara Hungaria pada tahun 2017 mendatang.” jelasnya. Untuk persiapan menghadapi ajang pertarungan LKS tingkat internasional di Hungaria itu, hingga saat ini Yaman Tangahu terus digenjot kembali kemampuannya oleh pembimbing.

Sekaligus dimagangkan di salah satu restaurant di Gorontalo sambil menunggu tim dari pusat yang akan melatihnya. Untuk itu, Anwar Adjami berharap dukungan dan doa dari masyarakat dan pemerintah agar Yaman bisa mengharumkan nama negara Indonesia dan juga Provinsi Gorontalo, khususnya kBone Bolango di tingkat Internasional. Terakhir, Anwar tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pemda Bone Bolango dan tim LKS nasional dari Provinsi Gorontalo yang telah mensuport dan mendukung siswa SLB Bone Bolango, sehingga bisa berprestasi di LKS di tingkat nasional. (RG-46)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *