Rusli Tanggung Kerugian Pedagang, 25 M Untuk Bangun Shopping Center

Peninjauan lokasi kebakaran oleh Gubernur Gorontalo yang didampingi Bupati Gorontalo. (Foto : FIan/RG)

RadarGorontalo.com – Kebakaran hebat yang menimpa shoping centre Limboto, berdampak melambatnya perputaran ekonomi di Kabupaten Gorontalo. Dana Rp. 7 miliar yang disiapkan Pemkab sepertinya jauh dari kata cukup, karena diperkirakan pembangunan ulang shoping menelan sedikitnya Rp. 100 miliar. Menariknya, dalam kunjungannya, Senin (5/3), Gubernur Rusli Habibie bersedia menanggung 2 miliar kerugian pedagang, dari total kerugian yang diperkirakan mencapai Rp. 3 miliar.

Saat mendampingi Gubernur, Bupati Kabgor Nelson Pomalingo menjelaskan, jumlah kerugian akibat kebakaran hebat Jumat pekan sebelumnya itu, untuk bangunan sekitar Rp. 29 miliar sedangkan kerugian materil para pedagang mencapai Rp. 3 miliar. Sejatinya kata Nelson, tahun ini pemerintah sudah menyiapkan dana Rp. 7 miliar yang akan digunakan untuk renovasi. Namun, jika melihat kondisi sekarang, dana 7 miliar sepertinya jauh dari kata cukup, karena shoping centre Limboto rusaknya sangat parah dan harus dibangun kembali.

Jika harus dibangun kembali, Nelson berkeinginan pusat perbelanjaan yang sudah berusia puluhan tahun itu, desainnya harus lebih modern. Dan jika diperkirakan, butuh anggaran sebesar Rp. 100 miliar. Nelson pun berharap, pembangunan ulang Shoping Centre Limboto, bisa mendapatkan bantuan dari Pemprov dan pemerintah pusat.

Sementara itu Gubernur Rusli Habibie berjanji akan membangun kembali shoping centre yang anggarannya akan diambil dari APBD Provinsi senilai Rp. 25 miliar. Gubernur dua periode ini mengerti, bahwa shoping centre memang harus lekas dibangun ulang, mengingat saat ini banyak pedagang yang berurusan dengan bank, yang semakin lama hutangnya semakin menumpuk.

Rusli coba menawarkan dua opsi. Pertama menunggu anggaran 100 Miliar yang dipastikan waktunya cukup lama, kedua segera dibangun ulang lewat APBD provinsi. “Kalau masyarakat ingin shoping center cepat dibangun dan modelnya agak modern sedikit maka kami bisa kerjakan. (Pasar ini) ukurannya 5000 Meter kali 5 Juta permeter, maka anggarannya sekitar 25 Milyar. Kalau 25 Milyar kami dari provinsi bisa bangun tahun depan, bahkan bisa lebih jika memang ukurannya meningkat dari yang saya perkirakan.

Pemkab diminta segera memasukkan laporan terkait dengan musibah ini. Termasuk memasukkan daftar nama para pedagang yang menjadi korban kebakaran. Rusli juga menjanjikan akan menanggung 2 Milyar Rupiah dari total kerugian yang mencapai 3 Milyar”, ungkap Rusli. (RG-52)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *