Rusli Segera Paparkan 16 Proyek Raksasa di Gorontalo

Rabu (24/5), Rusli rapat persiapan rapat terbatas (Pra-Ratas) bersama Menko Kemaritiman Jenderal Purnawirawan Luhut Binsar Panjaitan.

RadarGorontalo.com – Tak menunggu lama Rusli buktikan kata-katanya. Usai dilantik langsung tancap gas, terbukti, hari ke 2 setelah aktif sebagai Gubernur dia langsung terbang ke Jakarta. Lagi, bukan untuk jalan-jalan atau merayakan kemenangannya tapi bersama Sekda dan Kepala Bappeda, Rusli akan menghadap Presiden Jokowi dalam agenda rapat terbatas (Ratas).

Namun sebelumnya Rabu (24/5), Rusli menggelar rapat persiapan rapat terbatas (Pra-Ratas) bersama Menko Kemaritiman Jenderal Purnawirawan Luhut Binsar Panjaitan, membicarakan apa-apa poin penting yang akan disampaikan ke Jokowi nanti. “Iya tadi (kemarin) pak gubernur rapat dengan pak Luhut, finalisasi yang akan disampaikan ke pak Presiden nanti, yang insya Allah pekan depan,” kata Kepala Bappeda Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki, ketika dihubungi Radar Gorontalo, tadi malam.

Budi menjelaskan, Rusli telah siap dengan materi yang akan disampaikan ke Presiden pada ratas nanti, antara lain terkait proyek strategis nasional di Provinsi Gorontalo seperti proyek jalan penghubung Gorontalo Manado (Pelabuhan Gorontalo-Taludaa), Bendungan Bone Hulu dan Bendungan Bolango Hulu. Pada ratas nanti Rusli akan memaparkan langsung kepada Jokowi, mulai dari permasalahan/kendala, perkembangan hingga solusi-solusi yang ditawarkan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo. “Contohnya jalan Pelabuhan Gorontalo-Taludaa yang mengalami kendala pada pembebasan lahan di beberapa segmen. Namun sudah kontrak tahun 2017 ini untuk pemeliharaan (long segment), dan pada 2018 nanti rencana pelebaran sepanjang 10 km dengan anggaran Rp 60 miliar dari terget 40 km. Sementara solusi yang ditawarkan proyek tersebut sudah dikoordinasikan dengan pemerintah Kabupaten setempat. Kedua, agar proses percepatan penyelesaian long segment tahun anggaran 2017.

Berikut proyek Bendungan Bone Hulu, mengalami kendala pada surat persetujuan dari pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bone Bolango yang hingga kini belum ada. Kedua, dampak genangan pada kawasan taman nasional Bogani Nani Wartabone hampir seluas 377 hektar. Untuk proyek ini, Pemprov telah memfasilitasi study comparasi ke Waduk Bili-Bili (Sulsel) dan waduk Cirata (Jabar), sehingga pemerintah Kabupaten Bonbol dan masyarakat pada prinsipnya telah menyetujui pembangunan proyek tersebut. Tak hanya itu, Pemprov juga telah menyurat ke pemerintah Bonbol melalui surat nomor 007/Biro P2E/409/2016 perihal kesediaan dukungan, yang disusul dengan surat kedua nomor 007/Biro P2E/518 tanggal 28 November 2016 perihal pernyataan dukungan, sampai saat ini dalam proses oleh pemerintah Bonbol, sementara solusi untuk dampak genangan sudah dikoordinasikan dengan Kementerian terkait, agar mempercepatan surat dukungan dari pemerintah Bone Bolango, dan segera memproses persetujuan perubahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Proyek strategis nasional berikut adalah Bendungan Bolango Hulu dimana perkembangannya saat ini sudah dalam proses penyelesaian DED (Detail Engineering Design) tahun anggaran 2017-2018. Solusi yang ditawarkan Rusli adalah percepatan proses penyelesaian DED. Kedua, Pemerintah Provinsi telah menganggarkan untuk pelaksanaan study larap (Land Acquisition and Resettlement Action Plan).

Namun tak hanya 3 mega proyek di atas, Rusli juga mengusulkan 13 proyek besar lainya agar menjadi proyek strategis nasional, lengkap dengan perkembangan, permasalahan serta solusi-solusi yang ditawarkan. Proyek tersebut antara lain, jalan Marisa-Tolinggula, GORR, revitalisasi Danau Limboto, jalan Imbodu akses Bandara Pohuwato, jalan Gorontalo-Biluhu Barat-Bilato-Tangkobu, jalan akses Pariwisata Olele, Proyek Bendungan Kayu Merah, lanjutan proyek pembangunan Bandara Pohuwato, Pengembangan Bandara Djalaluddin Gorontalo, pembangunan jalur kereta api, pengembangan Pelabuhan Anggrek dan terakhir kelanjutan pembangunan Rumah Sakit Ainun Habibie. (rg-50)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *