RS MM Dunda Raih Paripurna Dalam Akreditasi

Dirut RS.Dunda MM.Limboto bersama tim KARS yang berhasil meraih Tingkat Paripurna dalam Akreditasi.

RadarGorontalo.com – Setelah melalui penilaian yang cukup panjang, akhirnya Rumah Sakit (RS) MM Dunda, Limboto meraih nilai Paripurna dalam Akreditasi yang digelar oleh Tim KARS versi 2012 baru-baru ini.

Akreditasi Rumah Sakit adalah suatu pengakuan yang diberikan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) pada manajemen rumah sakit, karena telah memenuhi standar yang ditetapkan. Terdapat empat tingkatan akreditasi yang ditetapkan KARS berdasarkan sistem akreditasi versi 2012, yakni tingkat Dasar, Madya, Utama dan Paripurna. Untuk mencapai tingkat Paripurna, suatu rumah sakit harus lulus penilaian 15 program kerja dengan nilai rata-rata minimal 80%, yaitu kelompok standar pelayanan berfokus pada pasien, kelompok standar manajemen rumah sakit, sasaran keselamatan pasien rumah sakit dan sasaran milenium development goals.

Tujuan akreditasi adalah meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit dengan pelayanan yang berstandar internasional, diantaranya rumah sakit lebih menghormati hak-hak pasien dan melibatkannya dalam proses perawatan sebagai mitra. Selain itu dapat meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat bahwa rumah sakit telah melakukan upaya peningkatan mutu pelayanan berdasarkan keselamatan pasien.

Dengan terakreditasi tingkat Paripurna, mengartikan bahwa RS. Dunda telah memberikan pelayanan sesuai standar yang ditentukan sehingga dapat memberikan pelayanan medik prima yang berorientasi padapatient safety, fokus terhadap kebutuhan pasien, efektif dan kompetitif, menyediakan layanan baru sesuai perkembangan IPTEK demi menciptakan kepuasan bagi masyarakat.

Bagi RS Dunda yang dipimpin Dr. Moh.Natsir Mawardy Abdul, M.Kes, keberhasilan meraih akreditasi nasional dengan lulus Paripurna ini bukanlah akhir, namun merupakan upaya peningkatan kualitas secara terus menerus (Continous Quality Improvement). Setiap peluang untuk melakukan perbaikan akan dilakukan oleh RS. Dunda demi meningkatkan mutu layanan dan demi keselamatan pasien di RS. Dunda.

dr.Natsir menyampaikan bahwa hasil yang didapatkan ini tak lepas dari peran pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati dan Wakil bupati yang terus memberikan Suport kepada pihak rumah sakit dalam memaksimalkan pelayanan. Kesehatan. “Ini merupakan hasil dari kerja sama kita semua, makanya kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu proses akreditasi ini”, pungkas dr.Natsir. (RG-52)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.