Roem  Kono  Mengajak Bergotong Royong Atasi  Kemiskinan

Anggota Komisi V DPR-RI Drs Roem Kono saat meninjau tahapan pengerjaan pengerukan danau Limboto, rabu (28/12)

RadarGorontalo.com – Disadari atau tidak sifat gotong royong (Huyula) yang menjadi kebiasaan masyarakat Gorontalo makin luntur. Masyarakat  kini begitu individualistis, sehingga rasa kepedulian antara sesama warga makin rendah. Akibatnya, masyarakat kurang mampu makin terpuruk, sedangkan yang mampu makin gigih mempertahankan eksistensisnya sebagai masyarakat elit.

“ Gerakan  gotong royong merupakan jati diri masyarakat Gorontalo. Tidak sepenuhnya luntur, di sejumlah tempat kebiasaan gotong royong itu masih ada. Buktinya, ada dibeberapa tempat khususnya warga Penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), yang menerima bantuan antara 15-30 juta, mampu meningkatkan kualitas rumahnya dengan cara gotong royong,’ ujar Roem Kono mencontohkkannya.

Ia mengaku kagum, setelah  melakukan evaluasi dengan  langsung mendatangi penerima bantuan BSPS. “ Setelah saya tanyakan, ternyata dengan adanya gotong royong dari masyarakat. Maka bantuan penerima BSPS mampu meningkatkan kualitas rumah, jika awalnya tidak ditegel, sekarang ditegel. Demikian juga dengan model dan cat rumah yang begitu modern. Karena ketika kerja, ada warga yang mampu menyumbangkan tenaga, pasir ,semen dan cat.  Sehingga pemilik rumah bisa menghemat bantuan dan membeli kebutuhan lainnya,’ kata Roem Kono disela kunjungan resesnya selaku anggota DPR-RI Selasa (27/12) .

Untuk itu Roem Kono mengajak seluruh komponen masyarakat Gorontalo, baik yang berada di Gorontalo dan perantuan, agar tidak selalu meributkan angka angka kemiskinan di Gorontalo. Tapi, saatnya kini berbuat lebih dengan turut serta membantu mengatasi kemiskinan. Caranya , dengan turut membantu pemerintah, lewat program program yang dilaksanakan. Salah satu contoh dengan turut membantu warga penerima BSPS.  “ benar, soal kemiskinanan ini tugas dari pemerintah,tapi masyarakat juga harus terlibat dalam mengatasi masalah tersebut,” ujar Roem Kono.

Diakui Roem Kono tahun depan (2017) lewat diskresinya sebagai anggota DPR-RI perwakilan masyarakat dari Provinsi Gorontalo, akan ada 3800 penerima BSPS di Gorontalo. “ saya berharap dengan adanya bantuan pemerintah ini, persoalan warga yang belum memiliki rumah layak huni di Gorontalo bisa dikurangi. Bahkan dalam waktu tidak terlalu lama, tidak ada lagi  warga yang tinggal digubuk pitate, sekalipun saya harus akui, rumah gubuk dari pitate itu merupakan kebiasaan warga Gorontalo,’ kata Roem Kono.

Roem Kono yakin, dengan semangat gotong royong persoalan yang dihadapi oleh masyarakat Gorontalo akan teratasi. “ sepanjang persoalan kemiskinan ini tidak dijadikan komoditas untuk mencari kepopularan,ataupun pencitraan untuk meraih sesuatu jabatan dan sebagainya. Tapi harus benar benar tulus membangun Gorontalo. (RG-20)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *