RH Rombak Kabinet, Dari Eselon IV Sampai Sekda

ilustrasi (Anwart/RG)

RadarGorontalo.com – Memang secara aturan, dilarang rombak kabinet sebelum genap enam bulan menjabat. Tapi itu tak berlaku bagi Rusli Habibie. Gubernur Gorontalo itu berencana akan melakukan mutasi, mulai dari level eselon empat hingga Sekda. Dan itu dilakukan tanpa melangkahi aturan yang ada, karena Rusli berhasil mengantongi izin dari Mendagri. Beredar kabar, tahap pertama ada 6 kepala dinas yang akan lengser.

Rencana mutasi gerbong NKRI jilid II ini, memang bukan lagi isu baru. Dalam beberapa kali kesempatan, Rusli mengungkapnya di depan publik. Walaupun alasan mutasi itu sangat kuat, tapi banyak yang pesimis itu bisa dilakukan dalam waktu dekat. Rusli pun membuktikan kemampuannya.

Melalui jurubicara khususnya, Ghalieb Lahidjun menjelaskan, memang ada pelarangan bagi kepala daerah terpilih jika melakukan mutasi 6 bulan pasca pelantikan, namun dalam rangka mengejar target pemenuhan janji-janji politik NKRI Jilid 2, serta guna membangun soliditas pemerintahan yang kuat. “Pak Gubernur setelah berkonsultasi dengan Mendagri terkait rencana mutasi tersebut, Alhamdulillah mendapat respons yang baik, sehingga insya Allah dalam waktu dekat ini Gubernur dan Wakil Gubernur akan segera membentuk tim sebagaimana lazimnya dalam menjalankan prosedur standar seperti Tallen pool, job bidding dan open bidding,” ungkap Ghalieb.

Ditanya terkait eselon berapa saja yang menjadi target mutasi NKRI Jilid 2, Ghalieb menjawab, Gubernur menargetkan semua tingkatan dari eselon empat bahkan sampai dijabatan sekretaris Daerah (Sekda) tanpa terkecuali. “Gubernur ingin membangun lagi komitmen baru dalam pemerintahan NKRI Jilid 2 ini untuk pemerintahan yang lebih solid, inovatif serta siap bekerja keras untuk kemajuan Gorontalo,” tegasnya.

Ditambahkan juga, bahwa dalam formasi kabinet kali ini Gubenur membuka ruang bagi pejabat-pejabat dari luar khususnya dari Kabupaten/Kota untuk ikut ambil bagian mengabdi untuk Provinsi Gorontalo. Menariknya lagi, menurut Ghalieb, ada standar umum selain persyaratan-persyaratan standar yang menjadi target Gubernur dalam pengisian posisi-posisi jabatan tersebut, yakni orang-orang yang memiliki kualitas, komitmen, integritas, loyalitas dan mau bekerja keras, ini semua ditujukan tidak lain untuk mewujudkan pemerintahan yang tangguh dan lebih melayani bagi kepentingan masyarakat Gorontalo. (rg-50)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *