Rekor Dunia Ketupat Yosonegoro

Penyerahan Piagam Rekor MURI kepada Pemprov Gorontalo yang diterima langsung Wagub Idris Rahim didampingi Gubernur Rusli Habibie

RadarGorontalo.com – Festival Gebyar Ketupat Tahun 2018 yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Gorontalo dengan menyediakan sekitar 40 ribu ketupat, tak hanya berhasil mencetak rekor nasional tetapi juga menjadi ketupat terbanyak di dunia. Triyono dan anggota tim Museum Rekor Indonesia (MURI) melakukan penghitungan jumlah ketupat yang disajikan mulai pukul 06.00 Wita. Ketupat dihitung rinci secara manual. Ketupat yang masih berada di nampan diminta untuk dikeluarkan untuk dihitung.

Selanjutnya, pada pukul 10 pagi digelar penyerahan piagam dari MURI kepada Wakil Gubernur Idris Rahim didampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.“Sebelumnya MURI pernah mencatat hal serupa (penyajian ketupat terbanyak) di Jakarta. Pada hari ini setelah kami verifikasi sejak pagi tadi, jumlah ketupat yang disediakan sebanyak 34.331 ketupat. Maka pada hari ini, kami mencatat kegiatan ini sebagai rekor MURI,” kata Triyono.

Tidak hanya rekor Indonesia, MURI juga mencatat penyajian ketupat tersebut sebagai rekor dunia yang baru. Rekor sebelumnya dicatat oleh Pemkot Jakarta Barat pada tahun 2012 dengan 30.000 ketupat. “Jika sebelumnya panitia mengajukan sebagai rekor nasional, namun dewan MURI mencatatnya sebagai Rekor Dunia. Oleh karena itu, kami menyerahkan piagam bukan rekor Indonesia tapi sebagai rekor dunia,” pungkasnya.

Penyediaan 40.000 ketupat melibatkan ibu-ibu PKK di dua Kelurahan yakni Yosonegoro dan Padengo. Ketupat selanjutnya disebar di 40 stand makanan yang disediakan pemprov untuk disantap warga dan pengguna jalan yang hendak merayakan lebaran ketupat. (rg-25)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *