Realisasi Imunisasi MR Gorontalo Capai 78,4 Persen

Suasana pelaksanaan sosiaslisasi imunisasi MR, di MTSN 1 Limboto, kemarin

RadarGorontalo.com – Menjelang berakhirnya pelaksanaan imunisasi Measles Rubella (MR), tingkat realiassi imunisasi MR di Provinsi Gorontalo terbilang cukup baik dengan presentasi 78,4 persen dari total 309.405 anak. Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Erni Katili Mansyur menjelaskan bahwa dari lima kabupaten dan satu kota hanya Kota Gorontalo yang realisasinya di bawah tujuh persen yakni 66,9 persen. Kabupaten Bone Bolango sebanyak 72,9 persen, Kabupaten Gorontalo 78,1 persen, Boalemo 80,9 persen.

“Sementara untuk Kabupaten Gorontalo Utara dan Pohuwato menjadi yang tertinggi masing-masing 87,6 persen dan 88 persen,” ungkapnya disela-sela sosialisasi dan pelaksanaan imunisasi MR yang dilakukan di Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo bertempat di MTSN 1 Limboto, Kabupaten Gorontalo, Kamis (11/10) kemarin.

Dikatakan, realisasi tersebut menempatkan Gorontalo di peringkat enam secara nasional di bawah Provinsi Papua Barat (97,54%), Bali (93,17%), NTT (89,84%), Lampung (84,97%) dan Sulawesi Utara (84,69%). Namun Erni optimis angka tersebut terus meningkat hingga akhir Oktober 2018 nanti.

Pemerintah daerah, pihak sekolah, tokoh agama dan tenaga kesehatan diharapkan terus memberikan dukungan dan sosialisasi kepada masyarakat. “Virus campak dan rubella sangat berbahaya. Bisa menyebabkan kecacataan berupa buta, tuli, kelainan jantung dan paru. Bahkan dapat menyebabkan kematian dan beresiko keguguraan pada ibu hamil. Bahaya ini yang kami minimalisir,” pungkasnya. (RG-25)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *