Rawan Terjadi Bencana, Suwawa Timur Jadi Kampung Siaga Bencana

Pose Bersama KSB ‘MOTITOMITA’ dengan kepala dinas Sosial Provimsi Gorontalo dan para tamu undangan (dok tagana)

RadarGorontalo.com – Kecamatan Suwawa Timur Kabupaten Bonebolango, resmi dikukuhkan menjadi Kampung Siaga Bencana (KSB) minggu (08/06) oleh Dinas Sosial provinsi Gorontalo. Bukan tanpa alasan, Kecamtan Suwawa Timur ini jika dilihat dari kondisi geografisnya merupakan salah satu wilayah rawan terjadinya bencana seperti banjir dan dan tanah longsor.

simulasi penangan korban bencana alam oleh KSB (iq)

60 Anggota KSB yang ada di Kecamatan Suwawa Timur ini dilatih selama tiga hari, mereka diberi materi tentang kebencanaan sampai dengan melakukan simulasi penanganan bencana alam nanti. “kami berharap setelah dikukuhkannya KSB MOTITOMITA (Bersatu) ini, mereka dapat melakukan penanganan pra bencana, saat terjadi bencana, sampai dengan pasca bencana”. ungkap Kepala Dinas Sosial Provinsi Gorontalo Ir. Nontje Lakadjo dalam sambutannya

Sampai saat ini terdapat 15 KSB yang tersebar di Provinsi Gorontalo. Di Bonebolango sendiri sudah ada 3 KSB, yakni di Kecamatan Suwawa Selatan, Kecamatan Bone dan Kecamatan Suwawa Timur.Pembentukan KSB sebagai upaya kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana. Terutama di daerah-daerah yang terdeteksi rawan akan terjadinya bencana alam. Masyarakat diajak mengenali bencana sehingga tidak mudah shock ketika bencana berlangsung. “Mereka akan mengetahui gejala-gejala bencana hingga proses evakuasi yang harus dilakukan,” ungkapnya. (iq/rg)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.