Ratusan Tagana Bone Bolango Lakukan Aksi Bersih-Bersih

Tagana Bone Bolango saat membersihkan saluran yang sering mengakibatkan banjir saat hujan

RadarGorontalo.com – Ratusan Taruna Siaga Bencana (Tagana) melakukan aksi bersih-bersih sepanjang Jalan, saluran dan Masjid di Desa Buata Kecamatan Botupingge Minggu (16/7).

Kegiatan tersebut merupakan aksi sosial, serta berkaitan erat dengan adanya sosialisasi serta edukasi ke warga untuk meningkatkan kesiap siagaan dalam menghadapi bencana.

Sekertaris Tagana Bone Bolango Darwin Detuage mengatakan kegiatan bersih – bersih kampung ini merupakan kepedulian teman-teman tagana terhadap sampah yang menjadi salah satu pemicu tersumbatnya saluran air ketika musim penghujan tiba, hingga mengakibatkan banjir dirumah warga.

Pose bersama usai melaksanakan kegiatan bersih-bersih

Menurutnya aksi sosial ini akan berlanjut disetiap minggu atau bulan dan dikampung berbeda. ” Kegiatan ini pula merupakan langkah awal untuk megurangi resiko bencana di daerah rawan bencana. ” kata Darwin kembali.

Menurutnya kegiatan yang dilakukan tagana Bonebolango ini nantinya diberikan simulasi bencana baik di darat dan laut. ” Kami berharap program Tagana juga masuk ke sekolah, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat sejak dini terutama dalam meningkatkan kerja sama dalam tanggap darurat.” pungkasnya. (Agus/rg)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.