Radar Gorontalo Sabet Piala JPG Award

CEO Jawa Post Azrul Ananda Saat Menyerahkan Piala JPG Award Kategori AAA Businees Performance 2016, Kepada Wakil Direktur Harian Radar Gorontalo Sahril Rasid S.Sos berlangsung di JW Marriott Hotel, Surabaya Kamis (19-21/01)

Buah Kerja Keras, Sabar, Kekompakan Tim 

RadarGorontalo.com – Radar Gorontalo, meraih Piala Jawa Pos Award untuk kategori AAA Business Performance 2016, Jumat (20/1). Penghargaan ini menjadikan Radar Gorontalo salah satu media cetak (perusahaan) yang sehat dan berprestasi di tahun 2016 kemarin.

Oleh : Sahril Rasid, S.Sos

Jawa Post Group Award atau sering disingkat JPG Award sudah menjadi agenda tahunan. Tahun 2017 ini, dilaksanakan di Kota Surabaya, Jawa Timur. Dirangkaikan dengan Annual Meeting 2016 Jawa Post Group, dilaksanakan di hotel JW Marriott Hotel Surabaya 19-21 Januari 2017. Setiap tahun seluruh perwakilan surat kabar cetak dan elektronik dibawah payung jawa Post di 33 Provinsi se Indonesia termasuk dari Gorontalo, yakni Harian Radar Gorontalo, dan Gorontalo Post berkumpul berdiskusi, melakukan evaluasi, dan mencari ide ide baru terkait kemajuan Koran selama satu tahun.

Kompetisi Product Quality dan Print Quality serta Perusahaaan Berprestasi 2017, menjadi salah satu agenda wajib yang harus diikuti oleh seluruh media cetak dan elektronik se Indonesia. Ada 9 kategori yang dilombakan, 1. Lomba Karya Tulis 2016. 2. Karya Foto, 3. Infografis, 4. Overall Newspaper Design Competition, 5. Print Quality Competition 2016 The Best Continous Performance, 6. Business Performance 2016 Kategori AAA, 7. Besiness Performane 2016 Kategori AA, 8. Bussiness Performance 2016 kelompok Percetakan. 9. The Best Continous Besineess Performance 2016. .

Seperti tahun sebelumnya, Radar Gorontalo mengikuti seluruh kategori, kecuali kategori percetakan. Melihat performance media cetak dari kota besar lainnya, seperti Jakarta, Surabaya, Riau, Makassar, rasanya mustahil Radar Gorontalo bisa bersaing. Namun demikian , satu hal yang kami tidak hilangkan, rasa optmisme. Satu persatu, kami harus mengatasi segala kekurangan, baik dari segi teknologi, sumber daya manusia (SDM) khususnya di redaksi dari Wartawan, hingga tenaga layout, divisi iklan, dan pemasaran.

Sebagai komandan di Radar Gorontalo segala keputusan akhir, ada di pundak Raden Syarif Abdullah sebagai direktur Perusahaan. Ia harus mengambil keputusan, cepat tapi harus tepat, agar seluruh perintah bisa dijabarkan dan dlaksanakan seluruh devisi. Tidak mudah memang, butuh kesabaran, karena ini mengatur sejumlah karyawan yang terdiri dari individu-individu dengan karakter yang berbeda beda.

Tapi dengan kerja keras, tidak putus asa, sabar, serta pendekatan secara personal dan bekerja secara tim, tanpa ada yang merasa paling berjasa, akhirnya seluruh kekurangan dan persoalan baik internal perusahaan dan diluar perusahaan satu persatu bisa diselesaikan dengan baik. Hasilnya ditahun 2016, Radar Gorontalo mampu melalui berbagai tantangan. Secara income Radar Gorontalo mampu bertahan, menggaji karyawan , memberi bonus diakhir tahun.

Kerja keras, kesabaran serta kekompakan tim mulai dari direktur hingga office boy di tahun 2016 membuahkan hasil. Untuk pertama kalinnya Radar Gorontalo mampu meraih prestasi ditengah dominasi koran – koran besar ditanah air, dengan menyabet satu piala dari 9 nominasi. Radar Gorontalo berhasil meraih predikat Business Performance 2016 Kategori AAA. Kategori ini merupakan indikator keuangan yang tergolong sehat .

Memang hanya satu piala. Tapi, bagi krue Radar Gorontalo ini sangat berarti. Setidaknya kerja keras seluruh karyawan dari seluruh divisi, redaksi, Iklan, Pemasaran Koran, administrasi keuangan, terbayar. Sekalipun kami harus akui dari sisi kategori lain, kami harus lebih kerja keras. Khususnya dalam pengembangan produk Koran dengan segmen politik ini kepada masyarakat Gorontalo.

Kamipun tidak harus euforia dalam kegembiraan berlebihan. Karena kami sadar betul, satu piala ini belum menjadi ukuran pelayanan media ini memberikan informasi yang aktual, akurat sehingga Radar Gorontalo mampu menjadi media informasi, menginspirasi dan menggerakan masyarakat berpartisipasi mengisi pembangunan di Provinsi Gorontalo yang kita cintai ini.

Saya yakin dan percaya, dengan penghargaan ini, menjadi motivasi bagi teman teman di Radar Gorontalo khususnya wartawan untuk memperbaiki kualitas pemberitaan, penulisan serta memahami betul, apa sesungguhnya informasi yang dibutuhkan masyarakat Gorontalo, sehingga Harian Radar Gorontalo meniadi bagian dari masyarakat Gorontalo.

Tahun 2017 jelas menjadi tahun yang penuh tantangan. Ditengah prediksi melemahnya indikator ekonomi, serta persoalan kebangsaan, Radar Gorontalo dituntut harus mampu menjawab seluruh tantangan tersebut. Apalagi ditahun ini, kami harus bekerja keras, menyelesaikan graha pena, yang mestinya selesai tahun 2016, tapi harus tertunda hingga 2017 tahun ini.

Tentunya, eksistensi Radar Gorontalo hingga hari ini ,tidak lepas dari peran pembaca. Sehingga itu, kamipun harus berterimah kasih kepada seluruh pembaca . Kami sadar betul, apa yang kami capai hingga hari ini, tidak lepas dari peran pembaca. Sehingga itu kedepan, kamipun harus mengoreksi diri, terbuka dengan segala masukan dan kritikan, agar bisa lebih baik didalam menyuguhkan informasi. Semoga perjalanan ditahun 2017 akan jauh lebih baik dibanding tahun 2016. Amien, terimah kasih. (*/rg)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.