Pusat Tumbilotohe di Sipatana, Pemkot Gorontalo Siapkan 5000 L Minyak Tanah

Tumbilotohe

RadarGorontalo.com – Perayaan malam pasang lampu atau identik dengan istilah tumbilotohe, tahun ini akan lebih meriah. Pemkot sendiri telah menyiapkan sedikitnya 5000 liter minyak tanah, untuk dibagi-bagikan. Kendati tumbilotohe digelar di semua wilayah, tapi khusus tahun ini rencananya perayaanya akan dipusatkan di Kecamatan Sipatana.

Walikota Gorontalo Marten A Taha mengatakan, yang terlibat dalam perayaan tumbilotohe nanti, adalah partisipasi dari berbagai unsur terkait. Mulai dari swasta, hingga pihak perbankan. “Ini sebagai tradisi masyarakat Kota dan menjadi ajang untuk ditonton. Menjadi sebuah wisata dan tahun ini kita mendapat penghargaan dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, masuk nominasi atraksi terpopuler se Indonesia,” ujarnya.

Lebih jelas Marten ungkapkan, mengingat minyak tanah saat ini tidak ada lagi yang bersubsidi, maka pihaknya menggandeng pihak swasta dan perbankkan berkontribusi dalam ajang tersebut. Ini dilakukan Pemkot Gorontalo untuk mempertahankan dan lebih memeriahkan tradisi itu. Minyak tanah yang disumbangkan tersebut, ada yang diberikan dalam bentuk CSR serta ada pula dari masyarakat yang menyumbang secara cuma-cuma. “Kami berharap, perayaan tahun ini akan lebih meriah dari tahun kemarin. Apalagi banyak yang berpartisipasi dalam iven tersebut,” tuturnya.(rg-62)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *