PTA Masuk Indonesia, Prof. Yulianto: Ini Bukan Kebijakan yang Aneh!

Prof. Yulianto Kadji

RadarGorontalo.com – Sejumlah elemen telah menyatakan menolak, terkait dengan rencana pemerintah yang bakal memberi ruang kepada beberapa perguruan tinggi asing (PTA) untuk beroperasi di Indonesia. Dinamika yang muncul menyangkut bakal beroperasinya PTA ini, dikomentari oleh pengamat kebijakan publik, Prof. Dr. Yulianto Kadji, M.Si.

“Tak ada yang aneh dengan kebijakan pemerintah yang akan mengizinkan PTA masuk ke Indonesia. Dari pada sembunyi-sembunyi?!. Ini pendapat saya yang pertama,” kata Prof. Yulianto. Point kedua yang diungkap Prof. Yulianto bahwa, keberadaan PTA justru harus dijadikan sebagai spirit bagi perguruan tinggi di dalam negeri untuk lebih maju dengan manajemen mutu perguruan tinggi dalam negeri yang lebih berkualitas.

“Ketiga, sesungguhnya kebijakan ini berjalan seiring dengan ekonomi dunia tanpa batas lagi, maka bidang-bidang lainnya akan terpengaruh juga, termasuk pendidikan. Dan point keempat, ini yang sangat penting. Yang perlu diantisipasi adalah jangan sampai terjadi liberalisasi pendidikan nasional, yang akan menghilangkan jati diri sebagai negara yang berideologi Pancasila,” tegas Prof. Yulianto.

Menurut Prof. Yulianto, ada beberapa resolusi yang harus dilakukan. “Yang harus dilakukan oleh Manajemen perguruan tinggi dalam negeri. Pertama, bulatkan tekad untuk menghadapi kompetisi global dengan meningkatkan kualitas dan mutu manajemen pendidikan tinggi. Kedua, harus mampu memacu kualitas SDM internal, termasuk dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa yang memiliki daya saing tinggi sehingga mampu meningkatkan mutu kelembagaan peruguran tinggi dan tidak takut dengan ancaman PTA yang masuk ke Indonesia. Ketiga, perguruan tinggi dalam negeri tidak lagi menyandarkan diri Standar Nasional Dikti yang minimalis itu. Tetapi bagaimana perguruan tinggi kita mampu mendisain Standar Maksimal Dikti yang harus dijadikan acuan dalam peningkatan mutu akademik,” kata Prof. Yulianto.(rg-40)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *