Promo Karawo Di Negeri Sakura

Walikota Gorontalo Marten A Taha ketika memberikan cendera mata Pakaian Karawo pada Wakil Gubernur Provinsi Ehime Jepang.
Walikota Gorontalo Marten A Taha ketika memberikan cendera mata Pakaian Karawo pada Wakil Gubernur Provinsi Ehime Jepang.

Jadi Pakaian Dinas Wakil Gubernur Ehime.

RadarGorontalo.com – Memang Beda. Birokrat yang satu ini tidak hanya hebat dalam memimpin dan memajukan daerah, serta mensejahterahkan rakyat. Dan melahirkan program-program inovasi juga menjadikan aparatnya berkualitas, profesional dan porposional. Tetapi Dia mampu memanfaatkan suatu suasana momentum yang tak akan pernah terulang, menjadi bermakna dan berkelanjutan. Dia adalah Marten A Taha. Walikota Gorontalo yang berlatar belakang Master of Economics of Development (M.Ec.Dev.), yang memberikan cendera khas Gorontalo pada Wakil Gubernur Ehime, Jumat (18/11).

Kunjungannya ke Kantor Pemerintahan Provinsi Ehime, yang bisa dikatakan adalah peluang besar, ia manfaatkan sebaik-baiknya. Tidak terkecuali memberikan cendera mata hasil produk lokal Gorontalo, yakni Karawo pada Wakil Gubernur Ehime tersebut. Memang benar itu hanya sebuah kemeja lengan panjang, yang berwarna coklat dan dihiasi motiv tenun karawo. Tetapi secara tidak langsung, hal tersebut sudah menjadi penghargaan besar bagi Gorontalo, khususnya pengrajin karawo. Pasalnya, hasil karya orang Gorontalo itu menjadi pakaian dinas rutin oleh orang nomor dua di salah satu provinsi yang ada di Negeri Sakura Jepang.

Dikesempatan itu Marten tak hanya sekedar memberikan cendra mata pada Wakil Gubernur Ehime, tapi sudah mempromosikan hasil produk lokal Gorontalo. Dan dari cerita Marten, bahwa ia dan Wakil Gubernur Ehime sempat membahas cara pembuatan pakaian karawo tersebut. Mulai dari mempersiapkan bahan kain yang harus digunakan, sampai pada proses pembuatanya dan pemasarannya. Tidak disangkah, sekelumit tentang karawo yang diceritakan Marten tersebut, mampu meyakinkan dan menarik perhatian Wakil Gubernur Ehime, untuk bekerjasama dengan Pemerintah Kota dalam bidang pengembagan hasil produk lokal. Bangga dan merasa berhasil dalam mempromosikan hasil karya anak bangsa, khususnya Gorontalo, menjadi penghargaan tersendiri bagi Marten. “Pemerintah Provinsi Ehime bukan hanya bangga dan berterima kasih pada Pemerintah Kota Gorontalo atas kunjungan dan pemberian cendra mata pakaian karawo tersebut. Tapi pihak Provinsi Ehime siap bekerjasama dengan Pemerintah Kota Gorontalo, dalam bidang pengembangan hasil produk lokal dan perdagangan, yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian di Kota Gorontalo,” tutur Marten.(Bink/RG)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *