Program Syarif, Makanan Gratis Untuk Warga Miskin

SYARIF MBUINGA

RadarGorontalo.com – Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga seakan tak pernah kehilangan ide untuk melahirkan program yang tujuannya untuk kepentingan orang miskin. Kalau ditahun sebelumnya, warga yang benar-benar miskin dan tidak memiliki tempat tinggal diberi lahan plus rumah. Kali ini, mulai per 1 Oktober nanti warga yang miskin dan terlantar akan diberi makan setiap hari 2 kali.

Ini termasuk program baru Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato selain ada beberapa program lainnya yang menyentuh langsung kepentingan orang miskin. “Insya Allah akan kami pastikan setiap hari selama 2 kali mereka kita akan berikan makanan yang sehat. Mulai Oktober nanti dan akan berlangsung sampai berakhir masa jabatan saya,” kata Bupati Syarif kala menyerahkan bantuan kepada warga Kecamatan Popayato Grup, Sabtu (21/9) pekan kemarin.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Ahmad Djuuna kepada Radar mengatakan bahwa, program ini dikhususkan untuk warga lansia, anak terlantar dan tuna sosial. “Program ini khusus yang benar-benar terlantar. Banyak orang miskin tapi tidak terlantar. Artinya benar-benar terlantar dan tidak ada yang mengurus.

Kalaupun ada yang mengurus mereka sudah masuk kategori sangat miskin,” terang Ahmad. Lebih lanjut Ahmad menambahkan, program ini dinamakan Antar Nasi Tumis (Anak Terlantar Tuna Sosial Tua Miskin) dan dibawah naungan program Maju SM (Masyarakat Menuju Sejahtera Mandiri). “Pokoknya yang namanya anak terlantar, tuna sosial dan tua miskin dijamin setiap hari 2 kali makan.

Pemerintah tidak ingin ada yang terlantar dan mati kelaparan mulai dari anak terlantar sampai lansia terlantar,” katanya. Nantinya pemerintah daerah akan bekerja sama dengan rumah-rumah makan untuk pemenuhan makanan mereka. “Pemerintah bekerja sama dengan rumah makan yang terdekat dari penerima manfaat.

Tentunya rumah makan yang layak, strategis, higienis dan siap mengantar makanan siang dan malam,” jelas Ahmad seraya ikut menambahkan bahwa program ini lahir dari ide cemerlang seorang Bupati Syarif yang melihat salah satu faktor yang mempengaruhi kemiskinan adalah pemenuhan asupan kalori. Dan untuk 3 bulan kedepan, program ini akan menyasar sebanyak 750-an orang yang masuk kategori Antar Nasi Tumis. (RG-58)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.