Pro Kontra Bentor Online

terlihat pelajar yang lebih memilih bentor sebagai angkutan saat pergi/pulang sekolah (Foto : Youdi/RG)

RadarGorontalo.com – Penerapan aplikasi berbasis online, juga sudah merambah bentor. Cara ini dirasa cukup jitu, untuk menaikkan pendapatan para pengemudi bentor, plus menghindari kerugian pelanggan akibat ulah oknum yang asal pasang tarif. Hanya saja, penerapan aplikasi itu masih menuai pro kontra. Salah satunya adalah soal, banyaknya pengemudi bentor yang belum paham teknologi smartphone.

“Mereka ini orang-orang tua pengemudi bentor yang tidak mau tau lagi dengan urusan seperti ini. Kesehariannya hanya mangkal, nunggu penumpang dimana saja yang bisa ditemui. Kasian juga kalau harus kalah dengan pengemudi bentor online,” kata Rully, salah seorang warga Kota Tengah. Menurutnya ini harus ada solusi, jangan sampai keinginan menggenjot keuntungan justru menimbulkan persoalan baru.

Menanggapi itu, salah seorang Legislator Andalas Ekwan Ahmad mengatakan, sebenarnya mau tidak mau, diera modern saat ini, mendorong setiap orang untuk memahami penggunaan teknologi. Bentor online sendiri, dalam berbisnis mengadopsi sistem tayade atau bagi hasil. Artinya, sama-sama diuntungkan.

“Tidak bisnis murni seperti Gojek dan aplikasi pelayanan lainnya. Namun lebih ke masyarakat. Untuk aplikasi non android sementara dikembangkan sistemnya. Akan ada pesan singkat gateway,” ucap Ekwan. Sementara ini pilot project untuk pengemudi bentor ada sekitar 50-100 bentor. “Kita akan coba dalami keinginan dan masukan dari abang bentor di Kota Gorontalo,” sambung Ekwan.

Tak ada maksud lain, selain meningkatkan ekonomi kerakyatan yang Smart dan berbasis IT. Terutama dalam menata maraknya bentor saat ini yang kian semraut. Tidak tertata, asal tabrak sana-sini, yang penting parkir. “Pemkot akan back up ini dalam rangka mendukung program ekonomi kerakyatan, khususnya menaikkan pendapatan abang bentor dan bisa menata sistem transportasi lokal, serta meningkatkan pelayanan prima bagi masyarakat,” terangnya. (rg-63)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.