Presiden: Full Day School Tak Wajib

ilustrasi (Anwar/RG)

RadarGorontalo.com – Ini peringatan kepada pihak sekolah, untuk tidak sembarangan menerapkan full day school (FDS) hanya gara-gara ingin mengejar sekolah lima hari. Karena kebijakan penerapan FDS, bukanlah hal wajib. Hal itu seperti ditegaskan Presiden Joko Widodo, Usai bertemu para ulama di Istana Merdeka kemarin. Presiden meminta masyarakat agar tidak salah paham dengan kebijakan sekolah lima hari.

’’Perlu saya tegaskan, bahwa tidak ada keharusan untuk lima hari sekolah atau full day school,’’ ujar Jokowi. Sebab, dalam kondisi saat ini tidak semua sekolah bisa langsung menerapkan kebijakan tersebut. ada sejumlah sekolah yang memang menyatakan siap, namun sebagian yang lain memang belum siap untuk menjalankan sekolah lima hari. Harus benar-benar dilihat bagaimana kondisi di lapangan.

Di sisi lain, Presiden juga mendukung bila ada sekolah sekolah yang siap menjalankan. ’’Jika ada sekolah yang memang sudah lama melakukan sekolah lima hari dan didukung masyarakat, ulama, maupun orang tua murid, ya silakan diteruskan,’’ lanjutnya. peraturan hanya akan memperkuat saja apa yang sudah dilakukan.

Mengenai progres pembentukan aturannya, Presiden menyatakan belum bsia berbicara banyak. ’’Ya permendikbud ini nanti diganti dnegan Perpres,’’ tambahnya. Sementara, untuk detail progresnya, dia mempersilakan publik bertanya kepada menteri terkait.

Sementara itu, terkait penerapan FDS, di Provinsi Gorontalo sendiri memang masih pro kontra. Ada yang terima, ada juga orang tua yang keberatan. Pasalnya, selain menganggap sekolahnya yang tidak siap alias dipaksakan, efek negatif juga terlihat kepada para siswa. Jangankan ikut kegiatan ekstra, seperti belajar mengaji atau les, bermain saja pun mereka tak sanggup, karena kelelahan. Bahkan, tidak sedikit siswa khususnya mereka yang masih sekolah dasar jatuh sakit karenanya. Ombudsman RI Gorontalo pun, pernah mengungkap sejumlah temuan, tentang penerapan FDS yang dipaksakan, hanya gara-gara mengejar libur panjang akhir pekan. (rg/jpg)

Berita Terkait

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *