Presiden Datang Lagi, Evaluasi Mega Proyek di Gorontalo

Presiden Joko Widodo Bersama Menteri BUMN Rini Soemarno Didampingi Gubernur Rusli Habibie Saat Meninjau PLTG Paguat (Foto : Ronal Rampi/RG)

RadarGorontalo.com – Presiden Joko Widodo terinfomasi akan datang lagi ke Provinsi Gorontalo. Kali ini, pria yang akrab disapa Jokowi itu, agenda utamanya adalah untuk mengevaluasi sejauh mana pemanfaatan bantuan untuk realisasi sejumlah mega proyek di daerah ini.

Kedatangan kembali Jokowi untuk ketiga kalinya di provinsi ini, sudah pernah diutarakannya ke Rusli Habibie yang kala itu menjabat Gubernur, dalam perjalanan menuju Kabupaten Pohuwato menggunakan helikopter untuk meresmikan PLTG Paguat, 3 Juni 2016 silam. Memang dalam perbincangan singkat kala itu, keduanya hanya bicara soal jagung. Bahkan, Presiden Jokowi sempat mengutarakan niatnya untuk datang lagi saat panen jagung. Keinginan Jokowi itupun diamini oleh Rusli.

Tapi informasi yang diterima Radar Gorontalo, Jokowi datang bukan hanya untuk melihat panen jagung dari dekat, tapi lebih dari itu, sang Presiden ingin mengevaluasi sejumlah mega proyek, yang sempat mendapatkan kucuran dana ratusan miliar rupiah pasca kedatangannya silam. Seperti revitalitasi Danau Limboto yang mendapatkan kucuran dana Rp. 200 miliar. Pembangunan Gorontalo Outer Ring Road (GORR), hingga pembangunan Bendungan Randangan, dan beberapa proyek besar lainnya yang sumber dananya dari APBN.

Salah satu yang sempat diperingatkan Jokowi saat memberikan sambutan pada peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Paguat tahun lalu, adalah pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kecamatan Aggrek Gorontalo Utara. Bahkan, kala itu Jokowi memberikan deadline agar proyek yang dikerjakan sejak 2007 silam tuntas di akhir 2017. Bahkan dirinya mengingatkan, proyek PLTU Anggrek jangan diremehkan. Karena uang yang digunakan senilai Rp. 395 miliar. “kerja dengan saya, saya cek, saya cek, saya cek, langsung pasti,” kata Jokowi, menegaskan keinginannya.

Kedatangan Presiden Jokowi sendiri, sempat terkonfirmasi dari pejabat Balai Sungai Sulawesi II, Arsin Mokoginta, belum lama ini. Dirinya mengatakan, ada informasi pak Presiden akan datang lagi, sekitar bulan Juli. Kedatangan beliau untuk evaluasi bantuan yang sempat diberikan untuk Gorontalo, salah satunya terkait revitalisasi Danau Limboto yang menelan anggaran Rp. 200 miliar. (rg-34)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.