Pramuka Punya Power

Kwarda Pramuka Provinsi Gorontalo mendatangi INN Tower Radar Gorontalo

RadarGorontalo.com – Hingga kini banyak yang memandang Pramuka hanya dengan sebelah mata. Salah satu organisasi tertua di dunia ini, dianggap sebatas organisasi ekstra yang berisi anak sekolah. Padahal, dibalik itu sebenarnya, Pramuka adalah organisasi yang memiliki anggota dalam jumlah besar, yang untuk Gorontalo saja, jumlahnya bisa mencapai puluhan ribu. Dengan jumlah itu, Pramuka memiliki kekuatan besar, yang asalkan mereka mau, maka mereka bisa mengintervensi arah kebijakan politik pemerintah di Gorontalo.

Kenapa bisa? walaupun belum ada data resmi, namun hampir sekitar 70 persen siswa kelas III SMA, adalah anggota pramuka penegak pandega aktif bahkan tidak sedikit diantara mereka yang ikut menjabat sebagai pengurus organisasi yang tersebar mulai dari tingkat desa, hingga provinsi. Dan rilis KPU RI menyebutkan, ada sekitar 6.274 pemilih pemula di Gorontalo. Itu untuk pemilih pemula, sedangkan mereka yang baru pertama kali memilih di Pileg dan Pilpres kali ini, jumlahnya bisa mencapai puluhan ribu.

Dalam dialog dengan utusan Kwarda Pramuka Provinsi Gorontalo yang Kamis (9/8) mendatangi INN Tower Radar Gorontalo, sempat terungkap kegundahan para pengurus yang merasa dianak tirikan. Sebagai organisasi yang anggotanya dan pengurus yang sangat banyak itu, Pramuka sering kebagian porsi anggaran lebih kecil, jika dibandingkan organisasi yang pengurus dan anggotanya lebih sedikit. Padahal, kegiatan yang harus dibiayai oleh pramuka, utamanya kegiatan yang berbau pembinaan karakter, hingga pengembangan SDM pemuda, begitu banyak.

Di dialog itupun terungkap, fenomena ini terjadi, karena pramuka masih dianggap organisasi ekstra, yang kegiatannya sebatas perkemahan di sekolah, hingga aksi sosial semata. Saatnya Pramuka lebih aktif terlibat dalam penentuan kebijakan, tanpa harus berpolitik praktis. Contoh, memberikan usulan tentang ranperda wajib belajar mengaji di sekolah, atau lainnya. Apakah bisa? Tentu sangat bisa. Jumlah anggota yang sebegitu besar, Pramuka bisa saja mengintervensi pemerintah.

Bahkan lebih dalam lagi, Pramuka bisa saja bersepakat menentukan kriteria Wakil rakyat atau bahkan kepala daerah pilihan mereka. Yang tentunya peduli dengan pramuka. Saat ini, pramuka sendiri memiliki salah satu tugas penting, yakni mendorong partisipasi aktif pemilih pemula dalam proses pemilihan legislatif maupun pilpres nanti.

Dalam kunjungan kemarin, utusan Kwarda Pramuka Gorontalo menyerahkan penghargaan untuk Radar Gorontalo, sebagai award bidang kehumasan tahun 2018. (rg-34)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.