Praktek Pungli Oknum Polisi Di Perbatasan Gorontalo Terekam kamera

Dugaan praktek pungli yang dilakukan oknum, disalah satu ruas jalan perbatasan Gorontalo, yang diambil beberapa waktu lalu (foto : ORI/RG)
Dugaan praktek pungli yang dilakukan oknum, disalah satu ruas jalan perbatasan Gorontalo, yang berhasil terekam kamera Ombudsman (foto : ORI/RG)

Ombudsman : Pungli di Perbatasan Gorontalo, Sudah Lama

RadarGorontalo.com – Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Gorontalo mengakui bahwa pungutan liar di wilayah perbatasan Gorontalo terutama di Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara yang berbatasan dengan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Provinsi Sulawesi Utara sudah terjadi sejak lama dan bukan rahasia lagi jika setiap kendaraan melintasi wilayah tersebut banyak pengendara, terutama kendaraan roda empat atau lebih harus merogoh kocek buat diberikan ke petugas baik yang berjaga di pos atau tempat yang tidak jauh dari Mapolsek Atinggola. Setelah mendapatkan informasi dan merencanakan giat Own Motion Investigation, akhirnya pada akhir Juni 2016 Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Gorontalo turun langsung guna memantau dari dekat dan mencari bukti dari berbagai informasi masyarakat terkait pungli di wilayah perbatasan.

Kepala Ombudsman Repubik Indonesia, Alim S Niode ikut turun langsung setelah sebelumnya membagi asisten ombudsman menjadi tiga tim yang ditugaskan untuk menyebar masing-masing di Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara yang berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Utara, Kecamatan Popayato Barat Kabupaten Pohuwato yang berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Tengah, dan Kecamatan Bone Pantai yang berbatasan dengan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara.

Hasilnya, di Kecamatan Atinggola, tim Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Gorontalo yang ditempatkan di wilayah itu berhasil merekam kegiatan beberapa oknum Polsek Atinggola yang melakukan pungli terhadap kenderaan roda empat yang lewat. Hal tersebut tidak jauh berbeda dengan yang terjadi di Kecamatan Popayato Barat, hanya saja di wilayah yang berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Tengah itu para pengemudi menghentikan kendaraan dan turun langsung mendatangi mapolsek Popayato Barat guna memberikan sejumlah uang. Untuk tim di wilayah Bone Pantai, tidak berhasil menemukan praktik pungli karena kondisi wilayah perbatasan di daerah itu sepi dari petugas yang berjaga-jaga.

Asisten Ombudsman Republik Indonesia, Ade Fajrianti menjelaskan bahwa hingga saat ini ombudsman memang belum mengeluarkan keputusan terkait temuan-temuan tersebut. “ Hal ini masih kami proses sesuai dengan mekanisme yang berlaku,” Kata Ade. Menurut Ade, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo guna membahas hal ini, meskipun memang sebelumnya pimpinan kami sudah mewanti-wanti hal ini, Sementara itu, Kepala Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Gorontalo Alim S Niode menambahkan bahwa dirinya pernah menyampaikan hal ini secara tidak langsung kepada pihak kepolisian saat peringatan HUT Bhayangkara tahun 2016 beberapa yang lalu. “ Selain pungli, yang menjadi perhatian kami adalah pengamanan di wilayah perbatasan masih belum cukup ketat,” Ujar Alim seraya menambahkan pihaknya berharap peningkatan pengamanan bisa jadi prioritas seiring dengan upaya menghilangkan budaya pungli di zona penting seperti itu. (RG-25)

Share

Comments

comments

One thought on “Praktek Pungli Oknum Polisi Di Perbatasan Gorontalo Terekam kamera

  • 28 October 2016 at 11:18
    Permalink

    Sesuai instruksi Presiden semua Aparat Negara yang terbukti melakukan pungli harus di PECAT dari institusinya. #efek.jera.pelaku.pungli.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *