PPP Temui Golkar, Hendra Hemeto Cawabup Nelson?

KETUA DPD Golkar Kabgor, Hendra Saleh Hemeto saat menyambut kunjungan pengurus PPP dan tim 5 penjaring PAW Wabup Kabgor. (Awal/RG)

RadarGorontalo.com – Senin (2/4), kediaman pribadi Saleh Hemeto (Om Deka) di Limboto, ramai dengan politisi dari kabupaten Gorontalo (Kabgor). Sepertinya ada hal penting yang dibahas. Apalagi yang hadir adalah politisi PPP. Beberapa sumber mengaku pertemuan itu terkait dengan penjaringan Calon Wakil Bupati (Cawabup) yang akan mendampingi Bupati Nelson Pomalingo. Memang soal Pergantian Antar Waktu (PAW) Wabup Kabgor merupakan hak PPP dan Partai Demokrat sebagai partai pengusung.

Namun untuk PAW Wabup ini, ternyata PPP juga memberikan kesempatan kepada tokoh-tokoh politik diluar PPP untuk dicalonkan sebagai Cawabup. Dan salah satu tokoh politik yang menguat untuk dicalonkan PPP sebagai Cawabup adalah Hendra Saleh Hemeto yang juga ketua DPD Golkar Kabgor. Makanya kemarin, politisi muda yang akrab disapa Dadang Hemeto ini sudah didatangi pengurus DPC PPP Kabgor yakni Sekretaris Jayusdi Rivai bersama tim penjaring calon PAW Wabup atau tim 5 PPP yang diketuai Alex Maga.

Sementara itu, ketua DPD Golkar Kabgor, Hendra Hemeto didampingi sekretaris DPD Amin Mootalu bersama pengurus lainnya. Memang sampai sekarang belum ada kepastian siapa yang akan menduduki kursi Cawabup Kabgor. Meski sudah ada 19 nama calon PAW wakil bupati (Cawabup) yang disodorkan PPP dan Partai Demokrat, Namun itu belum menjadi jaminan sebagai pendamping Nelson. Karena dari 19 nama ini masih harus melalui tahapan-tahapan penjaringan.

Makanya itu, tim 3 PPP terus melakukan silaturahim kepada 19 calon ini. Sekretaris DPC PPP Kabgor, Jayusdi Rivai mengakui kunjungannya bersama tim 5 PPP menemui ketua DPD Golkar karena adanya aspirasi dari masyarakat yang menginginkan agar Hendra Hemeto dimasukan dalam calon PAW Wabup. “kunjungan kami ini untuk silaturahim sekaligus mendengarkan langsung kesiapan dan kesediaan ketua DPD Golkar, pak Hendra Hemeto untuk dicalonkan sebagai PAW Wabup.” ujarnya. Nah, setelah semua calon dikunjungi, maka langkah selanjutnya adalah PPP dan Partai Demokrat secara bersama-sama akan menggodok 19 nama, termasuk Hendra Hemeto untuk selanjutnya diusulkan ke DPP PPP dan DPP Partai Demokrat. “kenapa ke DPP lagi, karena memang proses pencalonan ini harus ada rekomendasi dari DPP partai pengusung.” tambahnya. Dan nantinya setelah selesai semua dari partai pengusung, maka selanjutnya ke Bupati.

Terkait dengan kriteria calon PAW Wabup, Jayusdi menyampaikan bahwa tidak ada kriteria khusus. Terpenting adalah PAW Wabup harus mampu menjabarkan dan melaksanakan apa yang menjadi program pemerintah daerah. Selain itu, PAW Wabup juga harus mampu memberikan masukan dan kerjasama yang baik dan nyaman dengan Bupati dalam mewujudkan cita cita kabupaten Gorontalo gemilang dan masyarakat madani. “yang penting bupati dan wabupnya nyaman dan jalan bareng.” paparnya.

Sementara itu, ketua DPD Golkar Hendra Hemeto sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada PPP yang membuka ruang bagi partai Golkar untuk masuk daftar calon PAW Wabup Kabgor. “apabila saya diaspirasikan dan dipercayakan oleh partai pengusung untuk mengisi kursi Wakil Bupati kabupaten Gorontalo, insya Allah dengan tegas saya menyatakan siap lahir dan batin.” tegasnya. Terkait dengan kriteria-kriteria yang ada, Hendra Hemeto mengaku sejak awal terpilihnya Bupati Nelson Pomalingo sampai sekarang, partai Golkar sudah membangun kerjasama yang baik dan selalu bersama-sama pemerintah dalam membangun kabupaten Gorontalo. (RG-46)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *